Bila Terpilih, Yusran-Syahban Naikkan Gaji Guru Honorer di Pangkep

Muhammad Yusran Lologau (MYL)

Online24, Pangkep – Kesejahteraan tenaga guru honorer masih menjadi persoalan di sejumlah daerah. Di Kabupaten Pangkep, Sulsel, diantaranya.

Dari data yang diperoleh, tenaga honorer digaji tak lebih dari Rp150 ribu dalam sebulan. Kondisi ini pun menjadi perhatian paslon nomor urut satu, Muh Yusran Lologau – Syahban Sammana. Keduanya mengaku akan fokus membenahi dunia pendidikan di Pangkep, salah satunya menaikkan gaji guru honorer.

Jagoan Partai NasDem ini telah membuat program yang akan menyejahterakan tenaga guru. Nama programnya Pangkep cerdas. Program ini juga menyentuh kebutuhan dasar para siswa serta orang tuanya.

Pangkep Cerdas ini masuk dari sepuluh program prioritas paslon dengan tagline “Pangkep Hebat” tersebut.

“Di program Pangkep cerdas, kita akan siapkan gaji tetap untuk tenaga honorer. Paling sedikit Rp500 ribu perbulan ataukah lebih,” ujar Yusran, Jumat (23/10/2020).

Menurut Yusran, programnya ini sangat bisa terealisasi. Sebab, pemerintah bisa menganggarkan di Dinas Pendidikan untuk membayar gaji tenaga honorer. “Jadi gaji guru yang berasal dari dana BOS tetap ada. Insyaallah dengan begini akan memberikan kesejahteraan untuk tenaga pengajar,” terangnya.

Selain program itu, calon wakil bupati Kabupaten Pangkep, Syahban Sammana mengungkapkan bahwa akan ada jaminan pendidikan gratis bagi bagi siswa, sehingga beban orang tua akan berkurang.

“Bukan hanya saat sekolah, tapi sampai baju sekolah siswa akan kita tanggung. Ini untuk jenjang SD sampai SMP. Selain itu akan ada pembangunan sarana ibadah di setiap sekolah,” terangnya.

Merespons hal itu, Juru Bicara Muh Yusran Lalogau-Syahban Sammana (MYL-SS), Kadir, pun makin masif menyosialisasikan program tersebut guna sampai ke masyarakat secara utuh.
“Programnya sangat menyentuh masyarakat menengah ke bawah, terutama program ekonomi dan pendidikannya,” tutupnya. (*)