PMI Siagakan Relawan Terlatih Bantu Penanganan Erupsi Merapi

Online24,Yogyakarta – Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan ratusan personel terlatihnya untuk ditempatkan di sejumlah titik terdampak bencana erupsi Gunung Merapi di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Total personel terlatih yang disiapkan PMI Jateng dan PMI DIY yang 500 relawan yang teraebar di sembilan pos pengungsian,” kata Sekretaris Jendaral PMI Pusat Sudirman Said melalui sambungan telepon, Rabu.

Ratusan relawan tersebut dikerahkan untuk melakukan berbagai pelayanan sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing, mulai dari menyiapkan dapur umum, sarana air bersih dan sanitasi, menyiapkan family kit (peralatan mandi, makan dan minum), memberikan layanan psiko sosial di pengungsian

Selain itu, ia yang sedang berada di lokasi terdampak bencana yakni Kabupaten Boyolali
Klaten, Sleman dan Magelang juga melakukan pemeriksaan kesiapan relawan, tenda dan fasilitas pengungsian.

“Secara umum PMI bersama sama dengan pemerintah, TNI POLRI dan unsur relawan lainnya bersiap secara maksimal. Kita berikhtiar dan bersiap sebaik mungkin, untuk mendampingi masyarakay di wilayah terdampak, tambahnya.

Sudirman mengatakan selain mengerahkan personelnya pihaknya juga menerjunkan peralatan khusus untuk mempercepat penanggulangan bencana erupsi mulai dari truk tanki air bersih, kendaraan taktis hugglund dan mobil eletrik untuk memasok listrik ke sejumlah posko.

“PMI berteri kasih atas kesigapan para relawan menghadapi kemungkinan erupsi. Ini tugas kemanusiaan yang menantang karena pekerjaan lapangan harus dilakukan di tengah pandemi yang belum reda,” tuturnnya