SMSI Siap Tangkal Berita Hoaks

News, Regional21 Views
banner 468x60

Online24, Parepare –  Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) siap menangkal berita hoaks yang selama ini beredar di masyarakat. Ketua SMSI Provinsi Sulsel, Rasyid Al Farisi mengungkap hal ini saat melantik pengurus SMSI Kota Parepare Jumat 4 Desember, pagi tadi.

Pimpred Fajar.Co.Id ini mengatakan, media yang bergabung di SMSI adalah sudah berbadan hukum. Untuk itu, SMSI Parepare yang dilantik pertama di Sulsel diharapkan melakukan pembinaan terhadap anggota.
“Harus melakukan pembinaan ke bawah dan tidak boleh bergabung ke SMSI kalau tidak ikut kompetensi atau UKW, wartawan SMSI harus ikut kompetensi yang setiap tahun digelar,” kata Rasyid.

Saat ini, kata Rasyid, SMSI sudah terbentuk di 34 provinsi di Indonesia. Makanya melalui SMSI pembinaan anggota yang dikembangkan di daerah. Media online tidak hanya memiliki domain saja tapi SMSI mengajak mereka bergabung dengan syaratnya berbadan hukum dan mengantongi sertifikat kompetensi.

Menurutnya, peran SMSI sangat strategis menjadi mitra Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare. Apalagi sudah ada tujuh media memenuhi syarat bisa bergabung di SMSI Parepare.
“Wartawan bertanggungajwab ke masyarakat dan juga tanggungjawab profesionalisme,” ujarnya.

Aci–sapaan akrab Rasyid mengaku berulang kali dipanggil Reskrim terkait pemberitaan media. Hanya saja kebetulan bukan anggota SMSI.”Kalau seandainya anggota SMSI harus melalui jalur yang diatur UU pers untuk penyelesaian melalui pemberitaan,” kata Aci.

Ia berharap hadirnya SMSI sebagai mitra kerja pemda dalam membangun daerah.

“Saya juga yakin selama ini pemda yang paling banyak menyampaikan program melalui media. Terkadang juga pemda sibuk menangani pemberitaan hoaks.Tapi kalau yang bergabung di SMSI tidak ada hoaks. Kalau toh ada tentu akan ditertibkan oleh ketua SMSI. Kami berharap anggota SMSI melahirkan pemberitaan dalam situasi kondisi yang kondusif, jangan ragu bermitra dengan SMSI karena saya yakin mereka ini yang menegakkan marwah wartawan,” kata Aci.

Aci juga menyampaikan
terima kasih kepada Pemkot yang merespon baik kehadiran SMSI.”Insya Allah setelah Parepare ada Soppeng, Luwu dan saat ini baru 16 mandat dikeluarkan untuk menyusun kepengurusan.Saat ini anggota SMSI di seluruh Indonesia sudah 880 media.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *