Wagub Sulsel Terima Penghargaan Dari Kemendagri

News1 Views
banner 468x60

Online24, Jakarta – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menerima penghargaan kategori “Provinsi Sangat Inovatif” dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2020. Penghargaan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI ini berlangsung di Hotel Sultan Jakarta, Jum’at (18/12/2020).

Dalam kesempatan itu, penghargaan diserahkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri, Agus Fatoni kepada Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

IGA 2020 merupakan upaya untuk merangsang pemerintah daerah agar terus berinovasi dengan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahnya. Dengan begitu, daerah mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Yakni melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan perannya, serta peningkatan daya saing daerah.

Kementerian Dalam negeri (Kemendagri) melakukan pengukuran indeks inovasi daerah, berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2018 tentang Inovasi Daerah serta Permendagri Nomor 104 Tahun 2018 tentang Penilaian Pemberian dan Penghargaan atau Insentif Inovasi Daerah telah mengamanatkan kepada Kemendagri untuk melakukan pengukuran indeks inovasi daerah.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri, Agus Fatoni mengatakan, “penilaian indeks inovasi daerah tahun 2020 adalah bentuk apresiasi Pemerintah kepada Pemda dalam penyelenggaraan pemerintahan yang inovatif,” ujarnya.

Kata Agus, pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah dengan predikat sangat inovatif dan terinovatif, berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah Tahun 2020 merupakan apresiasi pemerintah terhadap semangat daya upaya serta keberhasilan pemerintah daerah dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.

Sementara itu, Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, bahwa penghargaan ini merupakan dukungan dari berbagai pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *