Wanapala Chetengan Tanam 1.500 Pohon di Lereng Bawakaraeng

Wahana Pecinta Alam (Wanapala) Chetengan saat menggelar kegiatan penanaman bibit pohon di lereng Gungung Bawakaraen. Minggu (3/1/2021)

Online24, Gowa – Wahana Pecinta Alam (Wanapala) Chetengan mengawali tahun baru 2021 dengan menggelar kegiatan penanaman bibit pohon di lereng Gungung Bawakaraeng.

Penanaman pohon ini merupakan kali sekian yang digelar salah satu organisasi pecinta alam ternama di Sulsel itu, sekaligus menjadi program kerja tahunan mereka. Kegiatan kali ini mengambil tema “Jagai Lino Lolong Bonena ke-6”.

Ketua Wanapala Chetengan, Abu Bakar mengatakan, aksi tanam pohon tang digelar pihaknya mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk sejumlah organisasi pecinta alam lain, seperti Mapala UMI, OPL Sang Alam Indonesia (SAI), Skyline Indonesia, Lintang Outdoor Makassar, Puncak Jaya, Manruk, serta pemerintah setempat.

“Kegiatan ini salah satu program kerja kami. Kami memilih lereng gunung Bawakaraeng untuk lokasi penanaman 1.500 bibit pohon, mengingat areal ini mulai gersang dan rawan longsor,” ucap Cupeks, sapaan akrab Abu Bakar ditemui di Hutan Pinus Lembanna, Minggu (3/1/2021).

Pihaknya berharap, seluruh bibit pohon tang ditanam bisa tumbuh besar dan meminta kepada seluruh pendaki agar tetap menjaga kelestarian alam pegunungan Bawakaraeng.

Adapun bibit pohon yang telah ditanam antaralain, Spatudea Ekaliptus dan Buniang.

“Lokasi penanaman itu sekitar pos 1 dan pos 2, jadi kami sangat berharap teman-teman saat melintas di lokasi penanaman agar menjaga bibit pohon yang sudah kita tanam, agar bisa dirasakan manfaatnya untuk generasi mendatang,” harap Cupeks.