Wedang Uwuh Diyakini Minuman Pencegahan Terhadap Coronavirus

dprd-makassar

Online24jam, Bandung, – Wedang Uwuh merupakan salah satu minuman herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun minuman herbal ini sudah hampir punah. Hal itu, masyarakat sulit menjumpai kedai yang menjual wedang uwuh.

Berbeda dengan Yogyakarta, Solo, Surakarta, Imogiri dan daerah lainnya di Jawa Tengah, hampir setiap warung menyediakan minuman herbal wedang uwuh. Jika ingin membuat wedang uwuh, harus menyiapkan bahan rempah – rempah. Yang lebih unik lagi ada minuman herbal khas Pekalongan yaitu Kopi Tahlil.

Menurut pemilik kedai Pring Kuning yang berlokasi di Jl. Oma Anggawisastra Ibun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung Jawa Barat Sundiharto (Ondy Tjakradinata) ketika di temui di kedainya Senin (4/1/2021) mengatakan. Ingin berbagi cara meracik wedang uwuh yang lebih baik, tentu saja bagi saya sebenarnya merupakan rahasia dapur namun tidak ada salahnya agar masyarakat kembali merasakan betapa manfaatnya rempah – rempah untuk kesehatan.

“Manfaat wedang uwuh antara lain kaya akan antioksidan dan memperkuat kekebalan, penangkal radikal bebas, mengatasi radang lambung, melancarkan peredaran darah, mampu mengatasi kurang tidur, mencegah animea. Khusunya untuk wanita sangat bermanfaat untuk melancarkan haid dan pencegahan serta menyembuhkan keputihan” ujar Ondy melansir ilmu kesehatan.

Ondy pun terang terangan memberi membuka rahasia cara pembuatan wedang uwuh yang lebih baik dan kaya akan kesehatan.”apa salahnya kita bagi pengetahuan agar bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, wedang uwuh lebih dari empon – empon yang diyakini bias mencegah terinfeksi Covid-19, Insya Allah” terangnya.

Untuk membuat wedang uwuh rumahan tentu saja harus menyiapkan bahan – bahan seperti kayu secang, kayu manis, cengkeh, daun cengkeh, kapulaga (kapol), jahe merah, lada hitam, daun pandan, pala, sereh (kamijoro), gula batu dan jinten hitam juga boleh ditambah daun jeruk untuk menambah aroma wangi.

Sundiharto (Ondy Tjakradinata) pemilik kedai.

Manfaat kayu secang.

Nama kayu secang mungkin masih cukup asing ditelinga kita, namun jenis rempah ini memiliki banyak khasiat dan manfaat yang perlu anda ketahui. Kayu secang ternyata penuh dengan khasiat untuk mengobati radang tenggorokan, penyakit diare, menyehatkan organ hati, meredakan mual atau muntah, bisa juga untuk mengobati jerawat dan bagi anda yang kegemukan agar cepat kurus konsumsi minum air rebusan kayu secang.

Sedangkan untuk manfaat bahan lain seperti jahe merah berdasarkan hasil penelitian bisa mengatasi asam urat. Kayu manis kegunaannya untuk mengurangi risiko penyakit penurunan tekanan darah, menyehatkan jantung. Adapun daun sereh dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Sementara rempah biji pala bermanfaat bisa membersihkan, mengeluarkan racun di hati dan ginjal, jadi pala sangat penting bagi kesehatan kita. Sedangkan daun pandan untuk mengobati nyeri sendi yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Kegunaan lainnya untuk mengontrol gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi. Cengkeh sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi ejakulasi dini, melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol.

Cara membuatnya, semua bahan direbus didalam kuali tanah sampai benar – benar mendidih. Setelah mendidih tuangkan dalam cangkir tanah yang sudah dimasukan gula batu secukupnya. Kemudian aduk hingga gula batu menyatu dengan air, selanjutnya kita minum hangat – hangat. (Muhammad Yadi).