Luthfi Serahkan Bantuan Wakil Ketua MPR Fraksi NasDem

dprd-makassar

Online24, Lutim – Staf Khusus Wakil Ketua MPR Bidang Aspirasi Masyarakat dan Daerah Luthfi Andi Mutty menyerahkan satu unit alat panen Combine. Bantuan diterima langsung Hasyim Mustaram Ketua Kelompok Tani Sinar Pangan III, Desa Sindu Agung, Kec. Mangkutana Luwu Timur.

Opu LAM sapaan Luthfi dalam sambutannya mengatakan, kehadiran bantuan ini berkat perhatian Wakil Ketua MPR Bidang Aspirasi Masyarakat dan Daerah Ibu Lestari Moerdijat. Ibu Rerie sapaan Lestari Moerdijat berharap agar alat panen ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh kelompok tani,” Ujar Luthfi Mutty.

Kepala Desa Sindu Agung mewakili kelompok dan warga sangat berterima kasih atas perhatian Ibu Wakil Ketua MPR. Keberadaan combine sangat membantu petani menghadapi kelangkaan tenaga kerja saat panen. Kades Sindu Agung Aris Suprojo, sangat merasa terharu karena meskipun Ibu Rerie tidak mengenal kami dan daerah ini, tetapi tetap memperhatikan aspirasi warga kami yg disampaikan lewat Opu LAM.”Kami berharap suatu saat ibu Rerie dapat berkunjung ke wilayah kami,” tegas Aris Suprojo.

Perlu diketahui mesin panen combine mengumpankan bagian malainya saja dari padi yang dipotong ke bagian perontok mesin. Gabah hasil perontokan dapat ditampung pada karung atau tangki penampung gabah sementara.

Bagian pemotong dari mesin ini adalah hampir sama dengan bagian pemotong dari binder, bagian pengikatnya digantikan dengan bagain perontokan.

Jerami, setelah perontokan, bisa dicacah kecil-kecil sepanjang 5 cm dan ditebar di atas lahan, atau tidak dicacah, tetapi diikat dan dilemparkan ke satu sisi, untuk kemudian dikumpulkan untuk kemudian dapat dimanfaatkan untuk hal lain. Combine jenis ini tersedia dalam tipe dorong maupun tipe kemudi. Lebar pemotongan bervariasi dari 60 cm hingga 1,5 meter. Engine yang digunakan bervarias dari 7 hingga 30 hp. Karena jauh lebih berat dari pada binder bagian penggerak majunya dibuat dalam bentuk trak karet (*)