Pelantikan Pengurus dan Pengawas Organisasi Sahabat Netra di Aula SLB A Yapti Makassar

Regional2 Views
banner 468x60

Online24jam, Makassar, – Sahabat Netra didirikan pada 1 November 2020 ini merupakan organisasi Mitra Sosial Disabilitas Netra yang peduli terhadap pendidikan dan melakukan pendampingan terhadap penyandang disabilitas netra. Terpilihnya Muhammad Al Qaffi sebagai ketua umum dan Ahmad Syauqi Dzulfikri sebagai ketua pengawas organisasi Sahabat Netra pada 27 Desember 2020.

Capaian ini tidak lepas dari kerja keras para Inisiator dan teman-teman relawan Sahabat Netra. Juga dukungan para pemangku jabatan Sekolah Luar Biasa Tuna Netra, Yayasan Pendidikan Tuna Netra Indonesia (SLB A Yapti) Makassar dan organisasi DPD Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Sulawesi Selatan.

Suksesnya musyawarah besar yang diselenggarakan pada Desember lalu, hingga terselenggaranya pelantikan pengurus dan pengawas organisasi Sahabat Netra periode 2020/2021 di Aula Yapti, Minggu 10 Januari 2021. SLB A Yapti berlokasi di Jl. Kapten Pierre Tendean No.7, Ujung Pandang Baru, Kec. Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Pelantikan ini dihadiri oleh Mesra Rahayu selaku Ketua Riset Penelitian dan Pengembangan Yapti sekaligus Inisiator terbentuknya Sahabat Netra, Rahmat J dan Ahmad Yani Dzu Himmah selaku Inisiator terbentuknya Sahabat Netra, dan Ismail selaku Sekretaris Umum DPD Pertuni Sulsel. Hadir juga komunitas dan organisasi relawan seperti PPKS, Kopsling, HEC, KPAJ, RPI, FLP Unhas, FLP Makassar, dan KPAY-FM.

Mesra Rahayu mengatakan selamat atas pelantikan pengurus dan pengawas Sahabat Netra periode 2021/2022. Dalam mengelola organisasi, sangat sulit membuat suatu organisasi itu terbentuk. Tetapi lebih sulit lagi mempertahankannya. Pekerjaan umum untuk pengurus, sangat banyak yang harus diselesaikan.

Terimakasih sudah bersedia menghabiskan masa muda kalian untuk berada di garis perjuangan kebaikan ini bersama.

โ€œPerjuangan ini akan panjang, jika dalam perjalanannya ada yang mengganggu kenyamanan kalian luruskan kembali niatmu, jalan kebaikan itu akan penuh onak dan duri. Hari ini akan menjadi sejarah di masa akan datang, oleh karena itu ukirlah dengan indah agar menyenangkan untuk dikenang,โ€ ungkapnya disela-sela sambutan.

Mesra Rahayu sekaligus mewakili Ketua Yayasan menambahkan Yapti Indonesia bukan hanya yayasan dan sekolah tetapi ada juga panti. Berharap melihat dari perjuangan dari nol PDP Pertuni kemudian berkomunikasi dengan yayasan. Tujuannya akan lebih baik.

Relawan harus memiliki posisi yang netral, hilangkan segala materil, uang dan tenaga. Mengutip pesan salah satu inisiator Sahabat Netra Ahmad Yani, bahwa ketika kita berada dalam dunia relawan hindari yang namanya baperan, tapi diganti dengan berperan.

Disabilitas netra adalah salah satu ragam disabilitas sensorik yang membuat penyandangnya memiliki masalah penglihatan. Selain tunanetra total dan fungsional, ada juga keterbatasan penglihatan yang disebut low vision. Seseorang dikatakan menyandang low vision atau kurang lihat apabila matanya bisa digunakan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *