Longsor di Camba, Jalur Trans Sulawesi Macet Parah

dprd-makassar

Online24, Maros – Akses Jalan Trans Sulawesi di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), putus akibat longsor. Jalur tersebut saat ini macet total karena masih proses evakuasi material tanah.

Kepala BPBD Maros, Fadli mengatakan, saat ini jalan masih tertutup material longsor. Tim gabungan masih berupaya membersihkan akses tersebut.

“Saat ini kita melakukan pembersihan batu batu yang menghalangi dan membuka akses jalan agar bisa dilalui kendaraan. Tidak ada korban jiwa. Tapi sekarang macet total,” kata Fadli di Kabupaten Maros, Sulsel, Sabtu (16/1/2021).

Sementara itu PPK 3.1 BBPJN Makassar, Leo Laetemia mengatakan, longsor yang terjadi di poros trans sulawesi tersebut akibat dari gempa susulan yang terjadi di Sulbar.

Itu infonya 7.45 akibat ada gerakan tanah akibat gempa pukul 05.00 WITA tadi pagi. Jadi pengaruhnya akibat gempa (Sulbar) jadi memang ada kondisi tidak stabil,” ujar Leo.

Karena adanya pergeseran tanah akibat gempa susulan di Sulbar bermagnitudo 5.0, ruas jalan yang menghubukan Kabupaten Maros dan Bone serta sejumlah kabupaten lainnya di Sulsel ini, menjadi lumpuh total.

“Jadi memang ada beberapa yang kondisinya tidak stabil karena duduk dibatuan kapur gitu. Kita akan pikirkan bagaimana penanganan selanjutnya,” ujarnya.

( Achmad )