Guru Besar Ortodonti Modern Amerika Beri Kuliah Daring di Prodi Ortodonti FKG Unhas

dprd-makassar

Online24, Makassar – Di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid19, tidak menyurutkan komitmen Departemen Ortodonti dan Program Pendidikan Dokter Gigi
Spesialis Ortodonti Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin untuk terus meningkatkan keilmuan dengan menghadirkan informasi-informasi kedokteran gigi terbaru yang sedang menjadi tren di dunia.

Di awal tahun 2021 ini, Departemen Ortodonti FKG Unhas mendapat asupan keilmuan dari seorang pakar ortodonti modern dari Universitas Universitas Pasific School of Dentistry, San Fransisco, Profesor Bill M. Dischinger.

Pada kesempatan tersebut, Profesor Dischinger menyampaikan teori-teori mutakhir perawatan Ortodonti dalam sesi kuliah tamu yang berlangsung selama 3 jam secara daring pada hari sabtu 23 Januari 2021.

Kuliah tamu ini berlangsung secara daring diikuti oleh 250 peserta. Selain dosen dan mahasiswa program Spesialis Ortodonti Unhas, kuliah ini juga diikuti oleh para mahaiswa Spesialis Ortodonti dan dokter ahli Ortodonti dari seluruh Indonesia.

Dekan  Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin  Drg. Muhammad Ruslin, M. Kes, Ph.D, Sp.BM(K) dalam sambutannya mengatakan, “Unhas berkomitmen untuk meningkatkan profesionalisme dan selalu berusaha melakukan yang terbaik agar program spesialisasi ortodonti menjadi bisa sejajar dengan program spesialisasi kampus-kampus terkemuka lainnya di tanah air yang sudah jauh lebih dahulu membuka program spesialisasi ortodonti.”

Kepala Departemen Ortodonti Fakultas Kedokteran gigi Universitas Hasanuddin, Dr drg Eka Erwansyah, M.Kes., Sp.Ort (k) mengatakan “tren pemasangan behel sebagai perawatan yang paling sering dilakukan oleh spesialis ortodonti harus dibarengi dengan penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai sehingga layanan spesialisasi ini bisa memberikan yang terbaik untuk kepentingan pasien.”

Kuliah tamu ini merupakan bagian dari komitmen tersebut sehingga diharapkan para dokter gigi yang saat ini menempuh pendidikan spesialisasi bisa mendapat bekal ilmu yang memadai untuk menjadi ahli dalam perawatan ortodonti.

Drg. Ardiansyah S. Pawinru, Sp. Ort(K) selalu Ketua Program Studi Spesialis ortodonti FKG Unhas mengatakan bahwa kuliah tamu ini sebagai wujud penerapan kurikulum pendidikan dari Federasi Ortodonti Internasional yang diberlakukan di FKG Unhas.

PPDGS Ortodonti FKG Unhas berencana untuk melakukan kegiatan serupa secara rutin dan terus berbenah sehingga program spesialisasi ortodonti di Unhas bisa terus berkembang dengan baik dan menghasilkan ahli ortodonti yang memiliki kualifikasi unggul saat berada di tengah-tengah  masyarakat.

Ortodonti merupakan ilmu dan seni yang mengkhususkan diri dalam perbaikan kelainan pertumbuhan wajah dan gigi geligi, bertanggung jawab melakukan tindakan preventif maupun korektif, baik non bedah maupun bedah (bekerjasama dengan specialis bedah mulut).

Perawatan ortodonti secara umum bertujuan melakukan perbaikan fungsi kunyah, fungsi bicara, serta fungsi estetik (kecantikan).

Kebutuhan perawatan ortodonti saat ini meningkat pesat sekali. Selain faktor alasan medis, juga alasan sosial. Berbagai profesi pekerjaan saat ini membutuhkan kualifikasi kondisi dan posisi gigi dan wajah yang normal dan proporsional.

Pemkot Makassar