Reses Ketua DPRD Sulsel di Tompo, Petani Keluhkan Kelangkaan Pupuk

dprd-makassar

Online24, Barru – Memasuki Masa Sidang ke II tahun 2020/2021, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari, SH.M.Si melakukan reses dan temu konstituen di Desa Tompo dan Kelurahan Sumpang Binangae Kecamatan Barru Kabupaten Barru Selasa, 9 /2/2021.

Hadir dalam acara Reses tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barru, Drs. H. Kamil Ruddin, M. Si. Ketua Praksi Partai Golkar DPRD, Drs. Syamsuddin Muhiddin. M.Si. Camat Barru Andi Hilmanida, S. STP. M. Si, Kapolsek Barru Kompol Tamar. Kepala Desa Tompo, Suhardi dan Lurah Sumpang Binangae Abd. Azis.

Dalam reses tersebut, Plt. Ketua DPD Partai Golkar Barru tersebut dengan penuh semangat mendengarkan aspirasi yang dikemukakan warga masyarakat. Pada sesi tanya jawab, Umar warga Desa Tompo yang mewakili petani mengeluhkan kondisi kelangkaan pupuk pada musim tanam tahun ini.

” Selain langkah, harga naik juga pengurangan jatah dikeluhkan para petani,”keluhnya didepan ketua DPRD Sulsel.

Para petani berharap, Ketua DPRD Sulsel bisa carikan solusi agar ada penambahan kuota pupuk untuk subsidi. Tahun ini kata dia ada keterlambatan pupuk sampai ke petani. “Di desa Tompo bulan 11 petani sudah memerlukan pupuk. Namun musim tanam tahun ini pupuk terlambat datang itu juga salah satu kendala bagi para petani,,”ungkapnya.

Selain kondisi pupuk, petani juga mengeluhkan harga gabah dan hasil pertanian lainnya seperti jagung yang terkadang harganya tidak normal pada saat panen. Oleh karena itu petani meminta pendampingan.

Masalah lain yang dimunculkan adalah obyek wisata yang ada didaerah itu. Salah satunya adalah obyek wisata air panas “wae pellae” yang memerlukan pembenahan dan pengembangan. Jika itu dikembangkan katanya, bisa menjadi destinasi wisata baru dan merupakan sumber PAD.

Menanggapi keluhan dan permintaan para petani, Ketua DPRD, A. Ina berjanji akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel. “Insya Allah masukan ini kami catat dan kami akan konsultasikan kepada Gubernur Sulsel,”ujar Andi Ina.

Selain di Desa Tompo, Reses juga dilakukan di Lingkungan Limpo Majang, Kelurahan Sumpang Binangae. Diwilayah pantai ini yang banyak dibahas adalah masalah peningkatan kesejahteraan para nelayan. Reses di dua lokasi berjalan tertib dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pemkot Makassar