Idam Malik, Rilis Buku Baru Bertajuk “Perikanan atau Perikiri?”

dprd-makassar

Online24, Makassar – Selama ini buku-buku tentang kelautan dan perikanan relatif masih kurang. Kehadiran buku bertajuk ‘Perikanan atau Perikiri?” karya Idham Malik, anak muda jebolan Fakultas Kelautan dan Perikanan Univeritas Hasanuddin (Unhas) Makassar,Sulawesi Selatan, ini setidaknya menjadi oase yang menambah khazanah ilmu pengetahuan,terutama di sektor perikanan dan kelautan Indonesia.

Buku yang diproduksi oleh penerbit Subaltern ini terdiri dari 17 tulisan esai ditambah kata pengantar dan epilog. Selain itu, isi buku ini juga memuat catatan reflektif untuk membantu menjelaskan teka teki permasalahan dalam pengelolaan sumber daya alam di sektor perikanan budidaya tradisional di Sulawesi Selatan.

Analisis yang disajikan dalam buku ini lebih pada melihat pengaruh struktur sosial, budaya, organisasi masyarakat, maupun sejarah ataupun politik guna memotret dampaknya pada pengelolaan dan berujung pada produksi budidaya dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

“Penggunaan perikiri sebagai antonim (plesetan) dari perikanan, dimana perikanan dilihat sebagai suatu sudut pandang yang lebih teknis, operasional, teknokratik,” ungkap Idham yang sebelumnya dikenal aktif di suratkabar kampus ‘Identitas’ Unhas.

Menurut Idham, untuk menandai kehadiran buku karyanya tersebut, maka diadakan bedah buku pada Sabtu 27 Maret 2021 secara daring pukul 13.00 Wita kerjasama dengan readtime.id dan kedai kopi ide.Penasaran?jangan lupa beli bukunya

Pemkot Makassar