Basarnas Sulsel Gelar Latihan Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue)

dprd-makassar

Online24, Makassar – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sulsel menggelar Pelatihan Potensi SAR yang melibatkan 50 orang peserta dari berbagai instansi dan organisasi.

Pada kesempatan kali ini tema yang diusung adalah Meningkatkan kemampuan dan keterampilan potensi sar agar lebih profesional dan sinergi dalam Pelaksanaan Operasi SAR.

Dalam sambutannya sekaligus membuka pelatihan potensi sar, Mohammad Ramdhan Pomanto, selaku walikota Makassar mengatakan bahwa dengan diadakannya Pelatihan potensi sar ini sangat membantu terutama Pemerintah Kota Makasssar.

“Pelatihan potensi ini sangat diperlukan mengingat sar adalah tanggung jawab bersama terutama di wilayah Sulawesi Selatan ini, potensi yang telah mengikuti pelatihan ini akan memiliki pengetahuan dan keterampilan selain itu memiliki sikap disiplin yang tinggi yang menjadi modal utama dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan,”terang Danny Pomanto.

Sementara itu Djunaidi, Kepala Kantor Basarnas Sulsel menyatakan bahwa Basarnas Sulsel memiliki keterbatasan SDM sehingga keterlibatan potensi sar menjadi penting karena Basarnas tidak bisa bekerja sendiri.

“Tentunya kami sangat berharap dengan adanya pelatihan ini, akan menjadi bekal pengetahuan dan juga keterampilan bagi potensi sar dalam menghadapi kecelakaan pelayaran ataupun kondìsi membahayakan jiwa manusia,” ujar Djunaidi.

Pembukaan Pelatihan Potensi SAR ini dihadiri oleh Anggota DPR Komisi V, H. Muh. Aras, Kapolrestabes, Dandim 1408 BS, Wakil Bupati Luwu Utara dan Wakil Bupati Kab. Kep. Selayar serta beberapa pejabat terkait. (*)

Pemkot Makassar