Anggunnya Wakil Walikota Kenakan Pakaian Adat di Hari Kebudayaan Makassar

News, Regional1 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Peringatan Hari Kebudayaan Kota Makassar ke-3 yang jatuh pada hari ini, Kamis (1/4/21) menampilkan nuansa berbeda. Mengusung tema ‘Rampak Budaya Baru Makassar’, seluruh ASN, pegawai jajaran Pemkot Makassar hingga karyawan swasta diinstruksikan untuk menggunakan baju adat.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi pun tak ketinggalan. Keduanya kompak mengenakan baju adat etnis di Sulsel.

Namun yang menyedot perhatian adalah penampilan Fatma. Ia begitu anggun dalam balutan baju bodo berwarna pink. Lengkap dengan motif tulisan lontara’ khas Bugis-Makassar.

Baju bodo itu dipadu padankan dengan sarung dari kain tenun sutra. Berwarna cream dengan corak pink. Perpaduan itu menambah kecantikan Fatma di momentum Hari Kebudayaan tersebut.

Hal itu terlihat saat Fatma meninjau langsung proses festival smart vaksinasi di Lapangan Karebosi, Makassar. Ia sesekali tersenyum dan melayani permintaan foto dari para peserta vaksin. Kegiatan ini memang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kebudayaan Makassar tahun ini.

Sesuai temanya, ‘Rampak Budaya Baru Makassar’ berisi pesan untuk mengajak masyarakat menyukseskan festival vaksinasi yang saat ini sementara berjalan. Tujuannya untuk membentengi diri dan keluarga dari virus Covid-19.

“Festival smart vaksinasi ini masih terus berlanjut. Kita fokuskan untuk kalangan guru mulai kemarin hingga selesai. Tapi hari ini ada tambahan yaitu para pelaku seni juga menjadi peserta smart vaksinasi. Ini sebagai bentuk perayaan hari kebudayaan kita,” kata Fatma.

Khusus untuk pelibatan 1.000 pelaku seni budaya dalam festival vaksinasi ini, kata Fatma merupakan ungkapan terima kasih sebab mereka telah mengambil peranan penting dalam membangun Kota Makassar.

“Uniknya, semua peserta vaksin juga memakai pakaian adat. Ini sebagai bentuk penghargaan kita kepada pelaku seni budaya dan juga bentuk perayaan peringatan Hari Kebudayaan Kota Makassar. Saya lihat semua sangat antusias,” tambah Fatma.

Mantan anggota DPR RI itu juga menambahkan bahwa Pemerintah Kota Makassar akan melaksanakan tes swab PCR dan Genose untuk seluruh ASN yang bertugas di Balaikota. Rencananya akan dilakukan pada 5 April mendatang.

“Saya berharap program vaksinasi ini bisa berjalan dengan lancar agar bisa memutus rantai penyebaran Covid-19. Tes massal untuk ASN dan pegawai di Balaikota nantinya juga akan kita gunakan sebagai rujukan untuk melihat tes dan alat mana yang lebih akurat dan akan digunakan kedepannya,” demikian Fatma.

Selain festival smart vaksinasi, Hari Kebudayaan Kota Makassar kali ini juga diperingati dengan berbagai kegiatan. Mulai dari nasihat budaya kepada 1.000 siswa SD via daring hingga cerdas cermat budaya yang juga diselenggarakan secara daring. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *