Harsiarnas ke 88, Walikota Makassar Terbitkan Edaran Pemulihan Ekonomi Industri Penyiaran

dprd-makassar

ONLINE24, MAKASSAR – Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) pada tanggal 1 April 2021 disambut baik oleh segenap insan penyiaran, meski dalam situasi pandemi Wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang telah berlangsung satu tahun dan

menghantam ekonomi nasional di berbagai bidang termasuk pada sektor penyiaran.

Di tengah upaya pemulihan ekonomi tersebut tepat pada Harsiarnas yang ke 88 di kota Makassar “kado istimewa” dihadiahkan oleh Wali Kota Makassar Ir. Mohammad Ramdhan Pomanto berupa  Surat Edaran yang menyatakan Pemerintah kota Makassar mendukung media penyiaran menjadi pendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Surat edaran tersebut diharapkan dapat menjadi stimulasi pemulihan ekonomi pasca Covid-19, khususnya pada sektor penyiaran dalam  mendukung program yang telah disiapkan Pemerintah Kota Makassar yaitu “Makassar Recover”. Ada enam poin yang dituangkan dalam Surat Edaran tersebut diantaranya Pemerintah Kota Makassar  menghimbau kepada seluruh Pejabat Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah kota Makassar untuk memberdayakan Iklan Layanan Masyarakat serta program Berita dan Talkshow pada media Penyiaran radio dan televisi, untuk mensosialisasikan program dan kinerja pemerintah.

Himbauan yang dirilis tepat di Harsiarnas 2021 ini juga menyebutkan, agar SKPD terkait untuk menghimbau pelaku usaha di kota Makassar agar mendukung dan mensukseskan program “Makassar Recover” di sektor penyiaran. serta pada poin terakhir disampaikan pula dukungan pemerintah Kota Makassar mendukung proses-tahapan digitalisasi penyiaran televisi terestrial.

Hal ini diapresiasi positif  Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan yang memang sedari awal turut mendorong lahirnya komitmen pemulihan Ekonomi di sektor penyiaran pasca Covid-19.
Melalui komunikasi via whatsapp Ketua KPID Sulsel M. Hasrul Hasan menyampaikan  “COVID-19 berdampak besar pada seluruh aspek dalam kehidupan masyarakat, termasuk aspek ekonomi di Industri penyiaran. Atas nama KPID Sulawesi Selatan kami, mengapresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada Walikota Makassar yang telah mengeluarkan edaran percepatan pemulihan industri penyiaran di Kota Makassar”.

“Kita berharap momen 1 April dan Kado Istimewa surat edaran dari Walikota kepada Industri penyiaran. Menjadi momen bangkitnya kembali ekonomi di industri penyiaran” pungkas Hasrul Hasan.

Di momentum hari istimewa bagi lahirnya Media Penyiaran Nasional ini juga, Wali Kota Makassar Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto menyampaikan terima kasih kepada Komisi Penyiaran Indonesia yang selalu menjaga produktivitas penyiaran Indonesia.

Melalui video berdurasi 1 menit 10 detik Dani Pomanto (sapaan akrab Walikota Makassar) menyatakan “Izinkan saya kembali menyampaikan selamat dan sukses. Usia 88 tahun adalah usia yang tidak muda, namun menjadi bagian dari pengalaman menjaga negeri melalui berita tanpa hoax dan berita produktif demi persatuan dan kemajuan Indonesia”.