KOPEL Pertanyakan Refocusing Anggaran 380 M Pemkot Makassar

Regional1 Views
banner 468x60

Online24jam, Makassar, – Refocusing anggaran untuk penanganan Covid 19 Pemerintah Kota Makassar tahun 2021 ini sebesar Rp. 380 Milyar. Jumlah ini cukup lumayan untuk penanganan Covid 19 di Kota Makassar. Namun hal ini disoroti oleh KOPEL terkait dengan alokasi dari jumlah anggaran refocusing tersebut.

Herman salah seorang peneliti senior KOPEL Indonesia menyoroti hal ini.
“Kita tidak persoalkan jumlahnya, lebih dari itupun tak jadi soal. Yang terpenting adalah dialokasikan untuk apa aggaran sebesar itu”, Sanggahnya.

Refocusing anggaran untuk penanganan Covid 19 memang kewenangan Pemkot tanpa perlu persetujuan DPRD. Namun bukan berararti seenaknya saja menggunakan anggaran itu tanpa kendali. DPRD tetap harus tagih dan minta ke Pemkot agar nanti ada evaluasi perkembangan penanganan Covid. Jangan hanya memanggil sekedar mendengar dan terkesan seremoni saja, tapi DPRD harus menggunakan kewenangannya sejauh mana anggaran Covid digunakan tanpa ada penyimpangan. Termasuk perkembangan kasus Covid 19 Kota Makassar, agar anggaran tetsebut rasional antara jumlah dan alokasinya.

Sekedar diketahui, DPRD Kota Makassar memanggil Pemkot beberapa hari lalu melakukan presentasi di DPRD soal refocusing ini, namun Ketua Badan Anggaran Adi Rasyid Ali kepada awak media mengeluhkan karena data rincian penggunaan aggaran Covid ini tidak disampaikan ke DPRD. Hanya sekedar paparan saja tapi dokumennya tidak dikasi ke DPRD.

Salah satu yang disoroti oleh KOPEL dalam anggaran refocusing Covid ini adalah pengadaan kontainer setiap kelurahan dengan harga Rp. 100 jt/kontainer.

“Urgensinya, untuk apa itu kontainer dalam penanganan Covid ini. Jumlah kelurahan 153 kelurahan, jadi anggaran yang terserap sebesar Rp. 15,3 Milyar”, ungkapnya.

Herman mengingatkan jika pengadaan kontainer ini jadi dilaksanakan, nasibnya akan sama dengan tempat sampah gendang dua.

“Ingat pengadaan tempat sampah gendang dua di pinggir jalan TA 2017 lalu? Habis anggaran 2,7 M, apakah warga memanfaatkannya? Tidak…! Ini semua pemborosan anggaran. Nasibnya akan sama dengan kontainer ini”. Katanya mengingatkan.

Dari refocusing anggaran ini pula, Pemkot juga akan merekrut relawan Covid 19 setiap RT sebanyak 3 orang yang disebutnya sebagai Detektor yang akan digaji Rp. 350 ribu/bulan selama 8 bulan. KOPEL menilai, lagi-lagi ini pemborosan anggaran. Mengapa tidak diberdayakan RT/RW dan berikan kepada mereka insentif atas kerja-kerjanya.

“Jadi kalau dihitung ada sebanyak 5.000 RT di Makassar, maka anggaran untuk menggaji saja relawan ini sudah Rp. 42 Milyar, belum baju seragamnya (jaket), uang makan minumnya. Itu pun belum jelas siapa relawannya, direkrutkah atau tim relawan saat Pilwali kemarin? Kenapa bukan Ketua RT dan RW yang difungsikan”, Kata Herman

Mengenai BLT dari anggaran refocusing ini kepada 60 ribu KK sebanyak Rp. 250.000,00/KK selama 3 bulan, KOPEL menganggapnya sah-sah saja.

“Tak masalah, itu untuk perlindungan sosial. Silahkan Pemkot liat SE Kemenkeu yang dikeluarkan Februari lalu tentang refokusing anggaran 2021 untuk Covid 19”, Ungkapnya.

KOPEL berharap alokasi anggaran untuk refocusing anggaran 2021 ini memperhatikan Surat Edaran Kementerian Keuangan Nomor: SE-2/PK/2021 tentang penyesuaian penggunaan anggaran transfer ke daerah TA 2021 untuk penangan Pandemi Corona Virus 19.

“Jangan terlalu jauh menafsirkan SE ini sehingga yang tak perlu diadakan jangan kemudian Pemkot memaksakan diri untuk mengadakannya. Semua peruntukan anggaran Covid dalam rangka penanganannya tidak untuk yang lain. Termasuk DPRD harus turut terlibat mengawasi pelaksanaannya”, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *