Temui Menpora Zainudin Amali, Plt Gubernur Sulsel Bahas Kelanjutan Stadion Mattoangin

dprd-makassar

Online24, Jakarta – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memperlihatkan keseriusannya dalam upaya pembangunan Stadion Mattoangin. Senin (31/5/21), Andi Sudirman memboyong Asisten III Pemprov Sulsel, Tautoto Tanaranggina dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulsel, Andi Arwin Azis berkunjung ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI di Jakarta.

Mereka pun disambut langsung oleh Menpora, Zainudin Amali Perbincangan mereka pun beragam hal, mulai dari kondisi Covid-19 di Sulsel hingga upaya Pemprov Sulsel dalam menghadirkan sarana dan prasarana olahraga.

Pertemuan itupun membuahkan hasil yang positif. Dimana Kementerian Pemuda dan Olahraga RI mendukung rencana pembangunan Stadion Mattoangin. Sebagai bentuk dukungannya, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali bakal mengeluarkan rekomendasi kepada kementerian PUPR agar mendapatkan dukungan alokasi anggaran dari APBN.

Terlebih lagi, dalam rancangan Perpres tentang Grand Design Olahraga Nasional, Provinsi Sulsel menjadi salah satu dari 10 provinsi yang dijadikan sentra olahraga sehingga layak untuk mendapat perhatian dalam peningkatan sarana dan prasarana olahraga.

Zainudin Amali merasa senang dengan upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. “Satu hal yang membuat kami senang, karena informasi dari bapak Plt Gubernur bahwa walaupun konsentrasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga pada penanganan pandemi Covid-19, tetapi tidak melupakan kegiatan-kegiatan olahraga,” ungkapnya.

Menpora pun berharap agar desain dari stadion Mattoangin bisa mengadopsi arsitektur berdasarkan kearifan lokal.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, “Alhamdulillah, hari ini kami berterima kasih atas sambutan hangat dari bapak Menpora, bapak Zainudin Amali yang menerima kami serta banyak berdiskusi dan memberi masukan untuk kami,” kata Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

“Kami melaporkan dan menyampaikan aspirasi mengenai sarana prasarana olahraga di Sulsel termasuk soal stadion. Kami juga menyampaikan harapan setelah melakukan pertemuan dengan beberapa komunitas suporter PSM Makassar,” tuturnya.

Ia pun memaparkan, perencanaan pembangunan additional design (desain tambahan). Desain tambahan ini masih sementara dalam progres, namun dirinya mengatakan jika pembangunan akan dilakukan secara bertahap dengan setiap tahapannya akan fungsional. “Kunjungan kami ini sekaligus melaporkan perencanaan kami dan untuk upaya sinergi dan menunggu arahan dari bapak Menpora sehingga apa yang kami rencanakan akan inline dengan program strategis dari Kemenpora,” terangnya.

“Bapak Menpora setuju dengan dilakukan additional design yang menyesuaikan kemampuan keuangan daerah yakni dengan kapasitas 20.000 seat dengan single seat dan tetap memenuhi standar FIFA. Karena menurut bapak Menpora dengan kapasitas 20.000 tersebut itu sudah memenuhi standar FIFA tinggal menyesuaikan fasilitas-fasilitas lainnya yang juga memenuhi standar FIFA,” ungkap Andi Sudirman.

Pemkot Makassar