Diberi Target 1.000 Orang per Hari, Satgas Covid-19 Luwu Utara Genjot Vaksinasi

dprd-makassar

Online24, Luwu Utara – Pemerintah Indonesia terus menggenjot program vaksinasi Covid-19. Hal itu terlihat dari kebijakan pemerintah pusat yang menaikkan target vaksinasi dari 500 ribu dosis (orang) per hari menjadi 1 juta dosis per hari. Kebijakan ini berimbas juga di sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Luwu Utara, yang kini diberi target 1.000 orang (dosis) per hari.

Penambahan target vaksinasi per hari diakibatkan semakin banyaknya jumlah pasokan vaksin yang masuk ke tanah air, dan target realisasi yang masih jauh tercapai, sehingga pemerintah melalui Satgas Nasional Covid-19 mau tidak mau harus terus menggenjot capaian realisasi vaksinasi di Indonesia untuk mencapai kekebalan komunal dalam melawan Covid-19.

Nah, bagaimana di Luwu Utara? Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 merespon kebijakan tersebut. Hasilnya, luar biasa! Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di sejumlah Puskesmas di Kabupaten Luwu Utara pada Senin 21 Juni 2021 melebihi target yang diberikan, yakni ada 1.272 orang yang berhasil disuntik vaksin.

Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Luwu Utara, I Komang Krisna, mengungkapkan hal itu. “Ya, layanan vaksinasi Covid-19 per tanggal 21 Juni 2021 Senin kemarin sebanyak 1.272 orang. Ini sudah melebihi target per hari. Dan kita akan terus menggenjot layanan vaksinasi di puskesmas setiap hari,” kata Jubir Komang Krisna, Selasa (22/6/21) di Masamba.

Komang mengungkapkan, dari 1.272 orang, pelayanan vaksinasi terbanyak ada di Puskesmas Cendana Putih Kecamatan Mappedeceng, yaitu sebanyak 266 orang. “Sesuai arahan pimpinan, pergerakan vaksinasi akan terus kita genjot di semua kecamatan,” imbuh Komang. Bagaimana kesiapan vaksin di Luwu Utara? Ia mengungkapkan, stok vaksin masih cukup tersedia.

Meski begitu, Luwu Utara masih akan kedatangan vaksin Covid-19 yang akan tiba pada Selasa mendatang. “Vaksin segera tiba sebanyak 490 vial atau 4.900 sasaran. Kita berharap dengan adanya penambahan vaksin ini, target 1.000 per hari bisa terus kita capai,” ucapnya. Untuk itu, dia berharap masyarakat Luwu Utara untuk mau mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, meminta seluruh Camat dan Kepala Puskesmas se-Luwu Utara untuk terus menggenjot capaian vaksinasi. “Teman-teman Camat dan Kapus untuk menggenjot capaian vaksinasi. Terlebih kasus harian terkonfirmasi positif secara nasional semakin meningkat,” tulis Indah dalam sebuah pesan WhatsApp.

Pemkot Makassar