Spirit wirausaha siswa YESS di Hari UMKM Internasional

dprd-makassar

Online24jam, Makassar, – Sekolah wirausaha muda “Young Entrepreneur School Sulawesi Selatan” atau YESS turut memperingati momentum hari UMKM Internasional yang diperingati setiap tanggal 27 Juni. Bertempat di vip room UKM Center, Jalan AP.Pettarani, Minggu (27/6) siswa YESS melakukan diskusi dan kampanye mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dipandu koordinator konsultan PLUT, Bahrul ulum Ilham.

Sejumlah harapan dan dukungan memajukan UMKM disampaikan para siswa. Beberapa diantaranya sektor UMKM sebagai persemaian kewirausahaan, dukungan untuk go digital dan memfasilitasi agar pelaku UMK dapat mengakses berbagai sumber daya produktif.

“kami ingin ikut merayakan Hari UMKM Internasional 2021 dengan membagikan ucapan selamat Hari UMKM Internasional berupa motivasi dan semangat berwirausaha untuk UMKM seluruh Indonesia,” ujar Salwa, siswa YESS.

Fasilitator YESS yang juga konsultan PLUT, Bahrul ulum Ilham menyebut, peringatan ke-5 hari UMKM internasional tahun ini dilaksanakan saat dunia berjuang bersama menghadapi pandemi covid 19. Sejatinya ini menjadi momentum peran negara dalam melindungi masyarakat miskin dan sektor UMKM yang rentan saat dilanda krisis.

“Hari UMKM internasional semoga menjadi momentum UMKM bangkit dengan dengan mental wirausaha yang unggul selalu melihat ada peluang, meskipun di masa krisis. Pandemi bukan diratapi, namun saatnya mengubah mindset, kreatif, inovatif serta berkolaborasi menyambut masa depan pasca pandemic,” harapnya

Sebagaimana diketahui, peringatan hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Internasional atau Micro, Small Medium Enterprise Day (MSME Day) digelar setelah Majelis Umum PBB dalam Pleno ke-74 yang diadakan pada 6 April 2017 mendeklarasikan 27 Juni sebagai Hari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (MSMEs Day).

Penetapan hari UMKM oleh PBB sebagai pengakuan pentingnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan dalam mempromosikan inovasi, kreativitas dan kerja berkelanjutan untuk semua.

Pemkot Makassar