NasDem Sulsel Bantu Samidin, Pria yang Viral Dayung Perahu Pinrang-Buton Tengah karena Tak Punya Ongkos

News, Regional32 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Politik kemanusiaan NasDem Sulsel benar-benar tanpa ruang dan sekat. Kali ini, NasDem Sulsel membantu La Ode Mursidin alias Samidin. Seorang warga asal Buton Tengah, Sulawesi Tenggara yang baru-baru viral.

Pasalnya ia mengarungi lautan demi pulang kampung ke Buton Tengah dari Pinrang, Sulawesi Selatan. Yang membuatnya viral, karena Samidin mengarungi lautan dengan mendayung perahu. Ia nekat begitu karena tak punya ongkos untuk naik kapal laut atau pesawat.

Kisah perjuangan Samidin akhirnya sampai ke telinga Rusdi Masse, Ketua DPW NasDem Sulsel. RMS, sapaan akrabnya, langsung mencari tahu kebenaran kisah Samidin.

Setelah dipastikan benar, RMS langsung menghubungi beberapa kader NasDem Sulsel meminta mencari Samidin. “Carikan orang ini. Saya mau bantu,” demikian pesan Whatsapp RMS ke Sekretaris DPW NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif, Rabu (7/7/21) malam.

Singkat cerita, Samidin akhirnya ketemu. Maka diundanglah dia ke DPRD Sulsel, menemui Sekretaris NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif. Samidin dan Syahar pun bersua, pagi tadi.

NasDem Sulsel Beri Bantuan, NasDem Sulsel, kata Syaharuddin, salut dengan perjuangan Samidin. Apalagi di tengah kondisi serba kekurangan, Samidin tidak pernah meminta-minta.

“Ini yang viral di sosmed. Pak Ketua Rusdi Masse tahu ada orang yang pulang kampung naik perahu dengan mendayung dari Pinrang ke Buton. Kami berusaha cari tahu dan ingin ketemu. Dan alhamdulillah melalui teman-teman di komunitas “Ayo Berbagi Makassar”, saya bisa dihubungkan dengan teman-teman di KKIB,” ujar Syahar.

Pertemuan itu pun dimanfaatkan Syahar untuk memberi bantuan dari NasDem Sulsel kepada Samidin. “Saya tidak punya hubungan apapun, tapi atas nama kemanusiaan, NasDem sangat empati dengan Pak Samidin. Jadi ini ikhlas dari kami atas nama kemanusiaan,” kata Syahar.

“Ini ada bantuan dari NasDem Sulsel dan Pak Ketua (Rusdi Masse). Gunakan untuk keperluan selama dalam perjalanan pulang,” kata Syahar sambil menyerahkan bantuan.

Tak hanya bantuan uang, NasDem Sulsel juga sudah siap membelikan tiket pesawat Samidin. Bahkan Syahar langsung menelpon Gubernur Sultra, Ali Mazi, meminta penjemputan Samidin. Namun Samidin menolak karena takut naik pesawat. Akhirnya, tiket pesawat itu diganti tiket kapal laut.

Sebelum menyerahkan bantuan, Syahar banyak ngobrol dengan Samidin. Ada kisah Samidin lagi yang bikin Syahar geleng-geleng kepala. Saat Samidin selama dalam perjalanan dari Pinrang hingga akhirnya terdampar di Pulau Bakki, Kabupaten Barru.

Waktu itu Samidin kelaparan, sehingga ia berlabuh di sekitar permukiman warga. Samidin ternyata tidak meminta-minta. Ia menawarkan bekerja kepada penduduk dan diupah untuk membeli makan dan minum.

Syahar juga menghubungi anggota DPRD Sultra dari NasDem, Hasrul Said. “Kaka Arul, ini ada wargata yang luar biasa mau pulang ke Buton naik perahu dengan mendayung. Tolong dibantu kalau sudah sampai di Buton,” pinta Syahar.

Sementara itu, KKIB Sulselbar yang diwakili Ki Yani Mahdi dan Yamid Moersidi mengucapkan terima kasih atas respons dari Wakil Ketua DPRD Sulsel dan Partai Nasdem Sulsel.

“Kami mewakili KKIB Sulselbar salut dan berterima kasih kepada Pak Syahar. Semoga pertemuan ini serta bantuan ini bisa memberikan berkah untuk kita semua,” kata Ki Yani yang juga sesepuh masyarakat Buton di Sulselbar.

Usai bertemu Syaharuddin Alrif, Samidin bersama tim KKIB berangkat menuju Kabupaten Bulukumba. Dari Bulukumba, Samidin bersama satu orang pengantar Samidin menggunakan kapal laut menuju Buton Tengah sore nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *