Sekjen KKM : Ide Walikota Makassar Bentuk Satgas Detektor Covid Luar Biasa, Tinggal Dipermantap

dprd-makassar

Onlline24, Makassar – Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) di Makassar, Hans Palijama mendukung penuh Program Makassar Recover dengan membentuk tiga satgas yakni Satgas Raika, Satgas Hunter. Menurut Hans gagasan Walikota Makassar menurutkan satgas Detektor mendata dan melakukan pemeriksaan kesehatan dalam mengatasi pandemi adalah Ide yang luar biasa yang patut diapresiasi oleh semua pihak.

“Ide Pak Danny membentuk Satgas Detektor yang mendata kesehatan adalah Ide yang sangat bagus, luar biasa. Dan itu patut diapresiasi oleh semua pihak gagasan Pak Wali dalam mengatasi Pandemi Covid-19 Ini,” Kata Hans, Selasa (13/7/21).

Hanya saja  Hans menilai,  penerapan satgas turun melakukan pendataan perlu dibenahi, lebih dimantapkan lagi di Lapangan.

“Penerapan di Lapangan satgas Detector ini, saran saya mau dipermantap lagi, seperti masker yang digunakan harus standar medis, APD lebih steril lagi,” saran Hans

Lanjut Hans mengatakan masalah pandemi adalah bukan persoalan yang mudah untuk diatasi, untuk mengatasinya perlu dukungan dan keterlibatan semua pihak memutus mata rantai Covid-19.

“Supaya kita bisa lalui pandemi ini, tentu perlu kebersamaan kekompakan, semua pihak harus terlibat mendukung pemerintan memutus mata ramtai Covid-19, karena ini adalah untuk kepentingan kita bersama, bagaimana bisa kembali hidup normal tanpa Covid-19,” harap Hans.

Menurut Juru Bicara MR, Indira Mulyasari, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny”  Pomanto saat ini telah evaluasi, beberapa catatan dari hasil rapat dan monitoring tim detektor, yaitu jaringan internet dari detektor ke server, kekurangan masker, hanscoon, hand sanitizer untuk detektor, ketidakhadiran tenaga kesehatan pendamping detektor di beberapa lokasi.

“Pak Wali mengharapkan para master kecamatan melakukan briefing ulang ke para detektor, Pak Wali juga meminta beberapa poin penting dituntaskan dan dioptimalkan,” ungkap Indira.

Diketahui sebelumnya, Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto dan wakilnya, Fatmawati Rusdi hari ini resmi menerjunkan 10 ribu anggota Satgas Detektor untuk melakukan skrining pada warganya, mulai Sabtu (10/7). Para satgas detektor ini diwajibkan menggunakan APD lengkap dan menerapkan protokol kesehatan di lapangan.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 153 kelurahan se-Kota Makassar, yang juga turut didukung 5 ribu relawan tenaga kesehatan, 306 relawan dokter, manajemen kelurahan-kecamatan, serta tim gabungan Satpol PP, TNI, dan Polri.

Pemkot Makassar