46 Vial Vaksin Moderna Tiba di Luwu Utara untuk Suntikan Ketiga Tenaga Kesehatan

Vaksin Moderna (Kementerian Kesehatan)
dprd-makassar

Online24, Luwu Utara – Para tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Luwu Utara akan mendapatkan booster suntikan ketiga. Vaksin moderna yang menjadi booster untuk suntikan ketiga bagi para nakes telah tiba di Luwu Utara malam tadi, Selasa 3 Agustus 2021. Tak seperti kedatangan vaksin sinovac sebelumnya, vaksin moderna dijemput langsung ke Makassar oleh Tim Vaksinasi Dinas Kesehatan Luwu Utara. Ada 46 vial vaksin moderna yang diterima Luwu Utara. Satu vial berisi 14 dosis. Jadi, ada 644 sasaran vaksin booster.

Selain vaksin moderna, Luwu Utara juga menerima 350 vial vaksin sinovac. Di mana satu vial berisi 10 dosis, dengan sasaran vaksinasi 3500 orang. “Alhamdulillah, vaksin Sinovac dan Moderna sudah tiba tadi malam. 350 vial untuk sinovac, dan 46 vial untuk moderna,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Luwu Utara, Marhani Katma, usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan COVID-19, Vaksinasi dan Pemulihan Ekonomi di Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (4/8/2021), di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara.

Terkait penyuntikan booster bagi nakes, Marhani menyebutkan, booster bagi nakes sangat diprioritaskan. Mengingat nakes sangat rentan terpapar karena bersentuhan langsung dengan pasien yang terkonfirmasi positif. “Kenapa prioritas para nakes, karena nakes dianggap setiap saat bisa kontak langsung dengan pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19, sehingga dengan booster nakes bisa terlindungi,” jelasnya. “Orang yang sudah divaksin kemungkinan terpapar tetap ada, tapi risiko dan gejalanya ringan,” sambungnya.

Ia menjelaskan, kedatangan vaksin moderna untuk booster belum sepenuhnya meng-cover seluruh nakes yang sudah mendapat suntikan vaksin sinovac dosis pertama dan kedua. Marhani menyebutkan, saat ini kurang lebih 1.500 nakes sudah mendapatkan dua dosis vaksin sinovac. “Dengan jumlah 46 vial vaksin moderna, tentu belum tercover semua untuk nakes kita. Semoga ke depan vaksin ini kembali bisa diterima untuk lebih memberikan dampak perlindungan terhadap nakes kita dari penularan COVID-19,” harap dia.

Sebelumnya, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dalam Rakor Penanganan COVID-19, Vaksinasi dan Pemulihan Ekonomi yang dipimpin Plt Gubernur Sulsel via virtual, mengatakan bahwa pasokan vaksin sangat dibutuhkan semua daerah, sehingga dia berharap pasokan vaksin dari pemerintah pusat tetap menjadi perhatian agar target vaksinasi 70% bisa diwujudkan. “Kami berharap pasokan vaksin agar pencapaian akselerasi vaksinasi bisa diwujudkan karena saat ini warga sangat antusias mendapatkan vaksinasi,” tandasnya.

Pemkot Makassar