Wakili Kakanwil, H. Kaswad Sartono Langitkan Doa Jelang HUT RI ke-76 di TMP Panaikang Makassar

dprd-makassar

Online24, Makassar – Seperti tahun tahun sebelumnya tiap malam jelang detik-detik peringatan HUT Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP)

Mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulsel, DR. KH. Kaswad Sartono, M.Ag yang Juga Kepala Bidang Penais Zakat dan Wakaf didaulat memimpin doa pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-76 Tahun 2021 di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Jalan Urip Sumiharjo Kota Makassar, Senin (16//8/21) jelang dini hari.

Ketua DPRD Prov. Sulsel A. Ina Kartika Sari bertindak selaku Inspektur Upacara pada Malam Renungan Suci dalam rangka HUT RI ke-76 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci ini dilaksanakan untuk mengenang jasa para kusuma bangsa yang mempertaruhkan Jiwa Raganya dalam memperjuangkan dan mempertahankan Kemerdakaan RI, sembari mendoakan agar amal baktinya diterima sebagai ibadah di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Selain Kakanwil Kemenag Sulsel dalam hal ini diwakili oleh H. Kaswad Sartono, Tampak pula Plt. Gubernur Sulsel, Ketua DPRD Sulsel, Kapolda Sulsel, Kajati Sulselbar, Pangdam XIV Hasanuddin Makassar dan jajaran TNI, Polri serta Pimpinan OPD Setda Prov. Sulsel dan puluhan Aparat TNI Polri dari semua Matra selaku Peserta Upacara.

Meski Apel kehormatan dan Malam Renungan Suci yang digelar Jelang Dini Hari dalam kegelapan malam yang hanya disinari Bulan dan Cahaya Obor, tapi Acara berlangsung lancar dan khidmat walau hanya dihadiri oleh undangan yang sangat terbatas dan dengan Prokes Ketat, karena dilaksanakan masih di tengah situasi Pandemi Covid-19.

Berikut doa yang dilangitkan H. Kaswad Sartono yang dihiasi cahaya ratusan obor di TMP ;

Bismilahirrahmanirrahim

Ya Allah, Tuhan pemilik langit dan bumi, pemilik arasy dan lauhul mahfudl. Di malam yang larut, di bawah langit gelap berselimut, kami tegak nan khusyu’, di malam penuh rahmat, malam 17 Agustus, kami hamba-Mu berdoa, bermunajat dan meminta kepada-Mu Ya Allah.

Limpahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada pahlawan kami, mereka yang rela berkorban demi ibu pertiwi, mereka yang telah berjasa demi kedaulatan negeri (NKRI), curahkan kasih-sayang-Mu untuk mereka dengan luas ampunanmu yang tiada bertepi. Jadikanlah kubur mereka raudhatun min riyadhil Jannah. Dan janganlah Engkau jadikan kubur mereka khufratan min khufratin naar.

Ya Allah yang maha mencerahkan. Terangilah kami dengan cahaya ilmu dan kearifan agar kami terus merawat kemerdekaan, menjaga kedaulatan, menjunjung kemandirian dengan tradisi kegotongroyongan. Anugerahilah kami kekuatan, kesabaran dan ketekunan agar kami berkemampuan mewujudkan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur penuh keberkahan.

Ya Allah, Tuhan tumpuan kami menuju. Di malam yang hening, kami mengetuk pintu-pintu kasih sayang-Mu, mendamba cinta-Mu sepenuh rindu. Cintailah pahlawan kami dengan ampunan dan kasih-Mu, cintailah rakyat dan pemimpin kami dengan limpahan ridlo dan berkah-Mu.”

Ya Allah yang Maha Kuasa, jauhkan kami dari perpecahan, musibah dan bencana, khususnya musibah Covid-19 yang luar biasa dampaknya dalam kehidupan kami.

Ya Allah Ampuni dosa kami, terimalah doa kami. (*)

Pemkot Makassar