Mau Beli HP Vivo? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini!

dprd-makassar

Online24jam, Makassar, – Kebutuhan akan penggunaan smartphone pada zaman sekarang ini bisa dibilang cukup tinggi. Hampir semua kegiatan, mulai dari sekolah, bekerja, bermain game, hingga berjualan bisa dilakukan melalui smartphone. Pilihannya pun beragam, tinggal bagaimana Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu merk yang cukup banyak beredar di pasaran sekarang ini adalah Vivo, yang punya beragam tipe dan keunggulan masing-masing. Anda bisa melihat harga HP Vivo jika saat ini sedang berencana membeli smartphone tersebut. Sebelum membeli, Anda sebaiknya sudah terlebih dulu menentukan fungsi utama dari smartphone tersebut.

Jika Anda masih bingung untuk menentukan, berikut ini tips-tips yang bisa diterapkan sebelum membeli smartphone Vivo.

1. Cek Prosesor dan Kapasitas Memori
Prosesor adalah spesifikasi yang sangat penting saat hendak membeli sebuah smartphone. Ibaratnya, prosesor atau chipset adalah otak dari smartphone itu sendiri. Semakin baru dan canggih sebuah prosesor, biasanya performa smartphone tersebut akan semakin lancar digunakan. Untuk smartphone Vivo, ada beragam tipe prosesor yang digunakan, misalnya Qualcomm Snapdragon atau Mediatek.
Setelah prosesor, yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kapasitas memori. RAM atau tempat penyimpanan informasi akan membuat sebuah smartphone lebih lancar saat digunakan jika punya kapasitas besar. Untuk smartphone zaman sekarang, paling tidak RAM sebesar 4 GB sudah cukup menjamin kelancaran sebuah smartphone.

Selain RAM, ada pula ROM atau memori yang berfungsi untuk menyimpan data-data program atau pengguna. Semakin besar ROM, Anda bisa semakin banyak menyimpan data, dokumen, atau bahkan meng-install aplikasi. ROM sebesar 64 GB bisa dikatakan cukup untuk penggunaan smartphone di zaman sekarang.

2. Cek Teknologi Cooling System untuk Dipakai Gaming
Sekarang ini semakin banyak orang-orang yang hobi bermain game lewat smartphone. Bahkan tak sedikit yang justru menekuninya hingga menjadi profesi, yakni atlet e-sport. Sudah pasti butuh smartphone dengan spesifikasi mumpuni untuk memenuhi hal tersebut. Prosesor kencang, RAM dan ROM yang besar sudah pasti jadi syarat utama. Tanpa ketiga hal tersebut, bukan tidak mungkin Anda akan merasakan banyak gangguan, seperti lag dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga perlu teknologi cooling system di smartphone yang Anda gunakan untuk bermain game. Sudah pasti fungsinya untuk meredam panas yang dihasilkan karena smartphone diberikan kerja yang berat. Dengan adanya teknologi tersebut, Anda akan semakin nyaman saat bermain game di smartphone. Untuk smartphone Vivo sendiri, teknologi cooling system tersebut sudah terdapat di beberapa seri, seperti Vivo Z1 Pro dan Vivo

3. Cari Spesifikasi Kamera Terbaik untuk Fotografi dan Videografi
Jika pada awal kemunculannya, kamera di sebuah handphone hanya menjadi hiasan, hal itu tak berlaku di zaman sekarang. Bahkan beberapa smartphone secara terang-terangan menjual keunggulan kamera yang mereka punya kepada para konsumen. Hal tersebut sejalan dengan ada banyaknya kegiatan atau bahkan pekerjaan yang membutuhkan kamera smartphone.

Misalnya para influencer yang harus rutin membuat konten untuk media sosial mereka. Sudah pasti akan banyak menggunakan kamera untuk mengambil gambar foto maupun video. Buat Anda yang punya hobi fotografi lewat smartphone, spesifikasi kamera yang mumpuni tentu jadi persyaratan utama. Begitu pun yang gemar membuat video.

Vivo menjadi smartphone yang bisa Anda andalkan untuk keperluan fotografi atau video. Kebanyakan seri smartphone Vivo pada saat ini menawarkan lebih dari satu kamera dengan beragam fungsi. Bahkan beberapa seri memberikan kualitas sensor yang sangat baik, bisa lebih dari 50 MP. Sementara untuk kualitas rekaman video, ada beberapa tipe yang sudah mampu merekam dengan kualitas 4K, seperti Vivo X50 Pro Plus.

4. Kapasitas Baterai
Baterai smartphone dengan kapasitas yang besar akan lebih banyak dipilih. Apalagi untuk Anda yang punya mobilitas tinggi dan cukup terganggu jika harus bolak balik mengisi daya baterai. Semakin besar kapasitas baterai smartphone Anda, akan semakin lama Anda bisa memakainya. Untuk saat ini, rata-rata smartphone sudah berani memberikan kapasitas baterai di atas 4.000 mAh, bahkan untuk kelas mid range smartphone.

Vivo juga berani memberikan baterai dengan kapasitas yang jumbo. Beberapa di antaranya sampai 5.000 mAh, seperti Vivo Y30, Vivo Z1 Pro, Vivo Y50, Vivo Y19, dan Vivo Y17. Dengan kapasitas sebesar 5.000 mAh, Anda bisa menggunakan smartphone tersebut seharian penuh tanpa harus mengisi daya. Selain kapasitas baterai yang besar, Anda juga perlu memperhatikan teknologi fast charging, agar Anda tak perlu menunggu terlalu lama saat mengisi baterai.

5. Sesuaikan Budget
Sebelum membeli smartphone baru, Anda harus menentukan budget terlebih dahulu. Tujuannya tentu saja agar tidak merusak keuangan Anda. Pastikan budget yang Anda sediakan sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan paksakan ingin membeli smartphone paling baru kalau tidak memungkinkan.

Anda tetap bisa mendapatkan smartphone baru meski tidak mengeluarkan uang yang besar. Anda bisa memilih smartphone keluaran lama, selama spesifikasinya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Misalnya, Anda bisa membeli Vivo Y12s yang dirilis November 2020 lalu. Dengan harga Rp 1 jutaan, Anda sudah mendapatkan smartphone dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB.

Setelah membaca tips-tips di atas, apakah Anda sudah bisa menentukan kebutuhan utama dari smartphone yang ingin Anda beli? Jika sudah, Anda bisa menemukan beragam smartphone Vivo di Blibli. Tak perlu repot untuk pergi, cukup dari rumah saja, Anda sudah bisa mendapatkan smartphone Vivo yang Anda butuhkan!

Pemkot Makassar