Sosper TSLP, Budi Hastuti : Perusahaan Wajib Keluarkan Dana CSR untuk Kepentingan Masyarakat

Anggota DPRD Kota Makassar, Budi Hastuti menggelar sosialisasi peraturan daerah (Perda) nomor 2 tahun 2016 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP) di Hotel Pessona, Kamis (21/10/21).
dprd-makassar

Online24, Makassar – Anggota DPRD Kota Makassar, Budi Hastuti menggelar sosialisasi peraturan daerah (Perda) nomor 2 tahun 2016 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP) di Hotel Pessona, Kamis (21/10/21).

Menurut Budi—sapaan akrabnya, peraturan daerah belum sepenuhnya dipahami masyarakat. Utamanya, kewajiban perusahaan mengeluarkan dana CSR untuk kepentingan masyarakat sekitar lingkungan perusahaan.

“Kita dorong perusahaan bisa terlibat dalam kegiatan masyarakat melalui dana CSR yang mereka miliki,” tukas Budi Hastuti.

Politisi Gerindra ini mengimbau peserta kegiatan agar bisa menyebarluaskan perda tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan. Sehingga, warga mengetahui hak dan kewajiban perusahaan yang ada dilingkungannya.

“Kalau warga punya kegiatan bisa dibantu oleh perusahaan yang ada di wilayahnya dengan bantuan dana CSR perusahaan,” jelasnya.

Terpisah, Narasumber Kegiatan, Aloq Natsir Desi mengatakan, urusan sosial dan ekonomi bukan hanya tanggung jawab pemerintah sebab memiliki keterbatasan anggaran.

Sehingga, untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan CSR dari setiap perusahaan. Itu, akan menjadi salah satu kontribusi perusahaan ke pemerintah.

“Makanya kita bentuk forum CSR. Diharapkan, tidak mengambil profit perusahaan tapi juga menyalurkan keuntungan ke masyarakat,” ucap Aloq.

Olehnya itu, dia mengajak masyarakat melaporkan atau mengusulkan kebutuhan terkait kepentingan orang banyak. Usulan tersebut, melalui pemerintah bisa disampaikan ke perusahaan.

“Bisa disampaikan ke pemerintah melalui dewan TSLP. Ini yang akan kita sampaikan kebutuhan agar dibantu dengan CSR yang ada di perusahaan,” tukasnya. (*)

Pemkot Makassar