SDN Sudirman I Makassar Laksanakan Gladi ANBK MANDIRI 2021

dprd-makassar

Online24jam, Makassar, – Sekolah Dasar Sudirman I Makassar usai melaksanakan Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) model daring Semi Online, tanggal 25 sampai dengan 28 Oktober 2021 di ruang guru. ANBK ini dilakukan sebagai Raport Mutu Sekolah.

Instruktur kegiatan Munawir S. Pd menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 18 siswa kelas V A dan 17 siswa kelas V B, 5 siswa diantaranya menjadi cadangan peserta. Dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi pertama pada pukul 08.00 s/d 10.35 dan Sesi 2 mulai pukul 13.00 – 15.35. Hal senada juga diutarakan pelaksana tugas kepala sekolah Haslinda Muchlis, S. Pd.,M.Pd, “Para siswa berlatih dengan menggunakan perangkat lunak / laptop atau komputer. Kendala yang masih dihadapi saat pelaksanaan antara lain ketersediaan laptop yang sesuai spesifikasi laptop serta gangguan jaringan dan server. Hal tersebut diatasi dengan menyesuaikan perangkat yang tersedia dan mengoptimalkan kemampuan yang ada.”

Pelaksana Tugas Kepala Sekolah, mengutip penjelasan MendikbudRistek Nadiem Makarim yang mengatakan assesmen ini merupakan tolok ukur dari Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM ). Ada 3 instrumen bentuk penilaian terhadap AKM yaitu Instrumen AKM itu sendiri yg terdiri atas 2 bagian yakni Literasi dan Numerasi.

“Literasi adalah membiasakan mengajak anak untuk lebih gemar membaca, menyimak dan memahami apa yg sedang dibaca. Numerasi adalah melatih anak – anak untuk memecahkan masalah dibidang matematika dalam kehidupan sehari – hari.” Ujarnya.

Salah seorang peserta gladi, Estiawan Muhammad Zayyan mengaku gembira dan sangat bersemangat mengikuti kegiatan tersebut apalagi ia terpilih untuk kegiatan tatap muka. Dia tidak merasa khawatir sebab dalam rangkaian kegiatan tetap menerapkan syarat protokol kesehatan yang ketat.

Dengan usainya Gladi ANBK Mandiri 2021 ini, Haslinda berharap agar para siswa SDN Sudirman I kelak dapat memenuhi syarat dan bisa mengikuti Asesment Nasional.

Pemkot Makassar