Disdikbud Maros Gelar Lomba Apresiasi Rempak Gendang

Pendidikan4 Views
banner 468x60

ONLINE24,MAROS  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar lomba apresiasi alat musik tradisional koleksi museum (rempak gendang).

Kegiatan bertema Nuansa millenial dalam balutan tradisi ini dilaksanakan di Taman Arkeologi Leang-leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, pada Sabtu (11/06/22).

Peserta yang hadir berjumlah 15 orang dari berbagai lembaga dan sanggar di Sulawesi selatan.

Mewakili Bupati Maros, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H. husair membuka secara resmi lomba apresiasi alat musik tradisional dengan menabuh gendang secara simbolis.

Kepala Bidang Kebudayaan Andi Nurfaidah mengatakan maksud dan tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia tentang musik tradisional.

“Jadi kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan SDM tentang musik tradisional, mengetahui jenis musik tradisional dan meningkatkan pemahaman tentang musik tradisional khususnya pada musik tradisional koleksi museum,” Jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Andi Nurfaidah adapun sasaran yang ingin dicapai pada kegiatan ini yakni untuk menyebarluaskan informasi tentang peninggalan kebudayaan musik tradisional koleksi museum yang ada di Kab. Maros.

” Sasaran yang ingin kami capai dalam kegiatan ini yaitu penyebarluasan informasi tentang peninggalan kebudayaan khususnya musik tradisional koleksi museum selain itu menumbuhkan apresiasi masyarakat untuk menjaga dan melestarikan budaya,” Tambahnya.

Diketahui seluruh peserta yang hadir merupakan para komunitas lembaga dan sanggar seni dari berbagai daerah di Sulawesi selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *