Kapusinfo Kwarnas Gagas Tiga Program Pegembangan Gerakan Pramuka

Kepala Pusat Informasi (Kapusinfo) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Yudha Adyaksa mencetuskan tiga terobosan baru dalam pemanfaatan teknologi informasi demi pengembangan gerakan pramuka.

Online24, Makassar  РKepala Pusat Informasi (Kapusinfo) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Yudha Adyaksa mencetuskan tiga terobosan baru dalam pemanfaatan teknologi informasi demi pengembangan gerakan pramuka.

Terobosan itu sekaitan dengan pengembangan sosmed atau media sosial, website maupun menyangkut penyelamatan akun yang diretas.

Adapun terobosan baru yang akan menjadi program Mantan Ketua Dewan Kerja Nasional 2013-2018, seperti Tik Talks, Pusinfo Class dan Pusinfo Challenge. “Semoga dengan tiga terobosan baru ini gerakan pramuka kedepannya makin bagus, khususnya dalam hal pemanfaatan teknologi dan informasi,” kata Yudha, Rabu (16/11/2022).

Dia menjelaskan bahwa Tik Talks nantinya akan berfokus pada penginformasian komisi, badan kelengkapan dan organisasi pendukung. Selain itu, juga akan mengundang tokoh inspiratif dan terus berupaya menjalin komunikasi dan koordinasi kuat antar Kwartir, Gudep, Saka dan Sako.

Sementara untuk Pusinfo Class akan dilakukan webinar class, mentoring class, dan collaborating. Adapun Pusinfo Challenge nantinya akan ada quizizz, challenge, dan giveaway quiz.

Dengan adanya terobosan program baru ini, pengembangan teknologi informasi di Kwartir Nasional lanjut Yudha pada akhirnya akan mengarah kepada terciptanya produk Pusinfo, lahirnya beragam informasi yang dibutuhkan anggota pramuka pada sosial media, dan adanya digital skill-ethic-safety-culture yang dirasakan oleh anggota pramuka itu sendiri.

“Ini tentunya menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh anggota pramuka di zaman pengembangan digital saat ini,” urainya.

Menurut dia, anggota pramuka dimana pun berada harus menyambut baik terobosan-terobosan yang sementara dikembangkan oleh Pusinfo Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Program tiga terobosan baru tersebut sebelumnya sudah dipaparkan Yudha saat didapuk menjadi pembicara pada kegiatan Expo To Maraya dan Talkshow dengan tema youth and culture. Kegiatan ini digagas oleh UKM Pramuka UNM di gedung Menara Phinisi 12 November pekan lalu.

Expo To Maraya menjadi rangkaian puncak dari kegiatan Jelajah Wisata Budaya yang menjadi program kerja Ambalan Ranggong Dg. Romo & Opu Dg. Risadju tahun ini.

Seperti diketahui, sejak bulan September sampai Oktober, UKM Pramuka UNM telah melaksanakan jelajah budaya di tiga etnis berbeda yakni etnis Makassar, Bugis, dan Toraja.

Selain Yudha, Wakil Bupati Maros sekaligus
Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupatens Maro Suhartina Bohari, Sherly Annavita (Influencer Milenial), dan Rijal Djamal (Creativepreneur Pemuda Sulsel) juga diundang menjadi pembicara.

Diakhir kegiatan, peserta yang kebanyakan mahasiswa berharap agar penguatan konten digital terus dikembangkan di zaman serba cepat sekarang ini agar gerakan pramuka lebih bagus. (*)

Pemkot Makassar