28 Pejabat Eselon II Lingkup Pemkab Maros Ikuti Job Fit Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Nasional, News13 Views
banner 468x60

Online24,Maros — Sebanyak 28 pejabat eselon II Lingkup Pemkab Maros mengikuti job fit jabatan pimpinan tinggi pratama. Job fit ini digelar setelah pejabat setingkat kepala dinas, kepala badan, asisten dan staf ahli menjalani masa jabatan selama satu tahun sejak dilantik pada awal 2022 lalu. Job fit dilakukan jelang adanya informasi akan adanya rotasi jabatan eselon II dilingkup Pemkab Maros.

Job fit digelar didua ruangan yakni ruangan sekretaris daerah (Sekda) dan ruangan staf ahli. Setiap kadis akan bergiliran masuk ke ruangan penguji yang telah menunggu untuk memberikan pertanyaan dan menggali potensi pejabat tersebut.

“Berbeda dengan tahun lalu, job fit hanya menggali potensi kesesuaian antara kompetensi dan kualifikasi dengan jabatan yang ada serta rencana penempatan. Kalau tahun lalu sistem lelang, yaitu mereka memilih jabatan apa yang dimau kemudian diuji apakah sesuai kemauan dengan kemampuan atau skill mereka. Kalau sekarang sifatnya evaluasi dan kembali digali potensi pejabat tersebut,” ujar Sekda Maros Andi Davied Syamsuddin saat ditemui di ruangannya Selasa (17/1/2023).

Andi Davied mengatakan, job fit ini juga sifatnya wajib bagi pejabat eselon II berdasarkan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Semua wajib ikut, yang mau pensiun tahun ini pun juga wajib ikut karena ini kan melihat kualifikasi dan kompetensi,” bebernya.

Jumlah penguji job fit ini ada lima orang yakni Sekda Maros, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Prof Muhammad Jufri, Prof Muchlis Madani akademisi dari UNM, Andi Rusli dan DR Lukman yang merupakan akademisi dari Universitas Hasanuddin.

Hasil dari job fit ini dapat menjadi dasar untuk merotasi pejabat eselon II ke jabatan baru yang dinilai lebih sesuai. “Bisa saja pejabat bertahan dijabatannya tapi bisa juga bergeser ke tempat yang lebih sesuai tergantung kebutuhan pimpinan dalam hal ini Bupati-Wakil Bupati,” papar penyuka olahraga menembak ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *