Wakil Bupati Maros Resmikan Rumah Layak Huni Marbot Masjid Bantuan Baznas

News, Regional21 Views
banner 468x60

Online24, Maros – Wakil Bupati (Wabup) Maros Hj Suhartina Bohari dan Ketua DPRD Maros H.A Patarai Amir meresmikan rumah layak huni di Perumahan Haji Banca Kelurahan Bontoa Kecamatan Mandai, Rabu 25 Januari 2023.

Peresmian dilakukan bersama Kapolres Maros AKBP Awaludin Amin, Dandim 1422 Maros yang diwakili Kasdim Maros Mayor CZI Muh Ilyas dan Ketua Baznas Maros H.A Said Patombongi.

Juga hadir Camat Mandai H Abdul Razak, Kapolsek Mandai AKP Asep Widianto, Kepala KUA Mandai H Mustafa, Lurah Bontoa Mandai M Ilham Halim Syah, sejumlah pimpinan bank, jajaran RW dan RT serta warga sekitar.

Rumah layak huni untuk marbot masjid ini dibangun melalui kolaborasi Baznas Maros bersama Pemkab Maros, Polres Maros dan Kodim 1422 Maros.

Wabup Maros Suhartina Bohari menyampaikan rumah yang diresmikan ini milik Saiful Azis, yang juga merupakan marbot Masjid.Al Ikhlas.

“Alhamdulillah, rumah yang kita resmikan sebagai rumah layak huni ini milik saudara Saiful yang merupakan marbot masjid di perumahan ini. Dengan selesainya perbaikan rumah ini, pak Saiful dan keluarga telah memiliki rumah yang layak yang sebelumnya rusak pada beberapa bagian,” ujarnya.

Kapolres Maros AKBP Awaludin Amin menyampaikan mengapresiasi program rumah layak huni yang dijalankan Baznas Maros. Ia juga mengapresiasi kepedulian warga perumahan Haji Banca yang tergugah melihat kondisi rumah Saiful yang rusak berat dan beberapa waktu lalu ttertimpa musibah atap rumahnya tertiup angin.

“Saya menjadi saksi di Maros, bahwa sumbangan warga Kabupaten Maros ke Baznas Maros, betul dan tepat sasaran kepada warga Maros yang membutuhkan,” ungkapnya.

Menurutnya, program gerakan cinta zakat oleh Baznas Kabupaten Maros disalurkan secara baik dan tepat sasaran semoga ke depan kegiatan Baznas Kabupaten Maros semoga kedepan lebih baik dan makin banyak kegiatan amal yang akan dilaksanakan.

“Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan berkah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Maros, KH Said Patombongi menyampaikan, Baznas Maros menargetkan melakukan peningkatan kualitas Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) di setiap kelurahan dan desa satu unit rumah.

“Di tahun 2023 ini, kami merencanakan mengerjakan rumah layak huni melalui program Rutilahu ini sebanyak 103 unit di Maros,” paparnya.

Lurah Bontoa Mandai M Ilham Halim Syah, menambahkan sebelumnya kondisi rumah Saiful ini sangat memprihatinkan, sebagian besar bagian rumah rusak dan rapuh. Bahkan pada 24 Desember 2022, terkena bencana angin kencang. Beberapa atap seng diterbangkan angin dan membuat lantai rumahnya tergenang air setinggi hingga 20 cm.

“Setelah berkoordinasi dengan jajaran RW 8 Perumahan Haji Banca ini, pihak RW mulai mengumpulkan donasi warga untuk perbaikan rumah. Setelah itu rencana perbaikan rumah ini disampaikan ke Baznas Maros dan mendapat tanggapan yang baik dan dimasukkan dalam program Rutilahu,’ ungkapnya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas perhatian semua pihak, sehingga rumah Syaiful yang merupakan seorang marbot masjid ini masuk dalam program Rutilahu melalui program kolaborasi antara Baznas Maros bersama Pemkab Maros, Polres Maros dan Kodim 1422 Maros. Serta partisipasi dari warga sekitar membuat perbaikan rumah ini berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *