Wujudkan Kabupaten Inklusif Pemkab Maros Gelar Musrembang Khusus Libatkan Penyandang Disabilitas

Dukcapil Makassar

Online24,Maros, – Wujudkan Kabupaten Inklusif Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) khusus untuk perempuan, anak, dan penyandang disabilitas.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Baruga B Kantor Bupati Maros, di Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros, Kamis 2 Maret 2023.

Dihadapan para peserta Sekretaris Daerah, Andi Davied Syamsuddin mengatakan, musrenbang perempuan, anak dan disabilitas telah memasuki tahun ketiga di Kabupaten Maros.

“Musrenbang ini dilakukan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan berkeadilan,” ujarnya.

Dirinya mengakui saat ini masih banyak persoalan yang dihadapi oleh perempuan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi politik hingga partisipasi di ruang publik.

Kemudian permasalahan pada anak juga terus meningkat.

“Baik kasus anak berhadapan dengan hukum, penelantaran, kekerasan fisik maupun seksual,” sebutnya.

Makanya ia berharap Musrenbang ini dapat menampung aspirasi dari perempuan, anak dan para difabel.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Muh Najib mengatakan, ada beberapa isu yang menjadi fokus dalam musrenbang kali ini salah satunya, sarana dan prasarana di kantor OPD harus ramah terhadap disabilitas.

“Sarana dan prasana harus ramah terhadap disabilitas. Kita ketahui bersama hampir semua OPD itu belum ramah terhadap difabel, harus ada tangga dan pegangan,” jelasnya.

Tak hanya itu terkait isu pemenuhan hak-hak kelompok rentan juga perlu diperhatikan.

“Seperti masalah kemiskinan yang merupakan tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan dan penanganannya harus dilakukan lintas sekotor,” tutupnya.(*)

Pemkot Makassar