Wakil Bupati Sosialisasi ABCDE di Kecamatan Sukamaju

News, Regional17 Views
banner 468x60
Online24, Luwu Utara – Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Suaib Mansur, kembali menghadiri kegiatan Gerakan Cegah Stunting melalui Pesan Kunci ABCDE, belum lama ini di Lapangan Subiantoro Kecamatan Sukamaju.

Melalui tagline ABCDE ini, Suaib menyampaikan bahwa pencegahan stunting dapat dicegah agar tidak mengalami peningkatan kasus.

“Jadi ABCDE ini adalah tagline di mana A adalah aktif minum tablet tambah darah yang ditujukan untuk Ibu hamil dianjurkan untuk minum minimal 90 tablet; B, Bumil harus teratur memeriksakan kehamilan minimal 6 kali selama kehamilan; C, cukup mengonsumsi protein hewani untuk bayi minimalkan protein seperti telur, ikan, daging, dan ayam; dan D, datang ke posyandu setiap bulan; serta E adalah eksklusif ASI enam bulan,” papar Suaib.

Ia juga menambahkan bahwa tugas kita memobilisasi ibu-ibu hamil untuk diarahkan ke posyandu. “Saat ini angka kunjungan posyandu kita sudah 60%. Saya tahu di Sukamaju semuanya bagus, tetapi ada juga yang tidak sampai 60%. Kita upayakan target kita capai 80-100%,” ucap Suaib yang juga Wakil Bupati Luwu Utara ini.

Suaib berharap pencegahan stunting melalui tagline ABCDE ini dapat disebarluaskan. “Saya harap semua yang hadir di sini, yang sudah paham untuk segera disebarluaskan, terutama kepada ibu hamil, calon pengantin, pasangan usia subur dan ibu yang mempunyai bayi 2-5 tahun,” huaib dia.

Terakhir, Suaib menegaskan bahwa sudah saatnya mengintervensi bayi-bayi yang sudah terkena stunting berdasarkan data-data yang ada di desa masing-masing. “Skema pemberian intervensi kita, bisa melalui penggunaan dana desa, serta kedua dana dari Dinas Kesehatan, dan ketiga, dari bapak asuh,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *