Jelang Kedatangan Presiden, Menhub Bersama Bupati Maros Tinjau Kesiapan Kereta Api Sulawesi

Dukcapil Makassar

Online24jam,Maros–Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi memantau kesiapan jalur kereta api Makassar – Pare-Pare jelang peresmian yang dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Rabu esok (29/3/2023).

Pantauan langsung di lapangan, Budi meninjau Depo Kereta Api Sulsel.

Tak sampai di situ, Budi juga menumpangi kereta hingga ke Stasiun Rammang-rammang.

“Kunjungan kali ini untuk mempersiapkan kedatangan Presiden Jokowi yang akan meresmikan Kereta api lintas Makassar -Parepare, antar Maros – Barru,” katanya saat ditemui di Stasiun Rammang-rammang, Selasa (28/3/2023).

Ia menjelaskan, selain untuk mengangkut penumpang, kereta ini juga memiki fungsi pariwisata dan juga angkut barang.

Dirinya berharap, dengan adanya kereta api ini bisa berdampak besar terhadap perekonomian di Sulawesi Selatan.

“Dari atas stasiun kita bisa melihat kawasan Geopark, ada sungai-sungai yang indah dan pegunungan karst yang luar biasa. Nantinya juga, semen dari Bosowa akan diangkut menuju stasiun Garongkon menggunakan kereta,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen yang terlibat dalam pembangunan kereta api Makassar-Parepare antar Maros – Barru ini

“Terima kasih kepada Forkompinda Provinsi Sulawesi Selatan, Forkompinda Maros, Pangkep dan Barru, saya yakin kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah harus dibina selalu,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal berkunjung di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan Rabu (29/3/2023) mendatang.

Kedatangan Jokowi di Maros ini, untuk meresmikan Kereta Api Sulsel.

Selain itu juga untuk mengunjungi pasar tradisional hingga panen raya.

Hal ini disampaikan Bupati Maros, Chaidir Syam, Senin (27/3/2023).

“Rencananya bapak presiden akan melakukan peresmian Kereta Api, panen raya dan kunjungan ke pasar tradisional,” kata Chaidir.

Mantan ketua DPRD Maros itu menyebutkan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan kedatangan RI 1 itu.

“Alhamdulillah, kita sudah melakukan berbagai persiapan dan kunjungan melihat lokasi-lokasi yang akan dikunjungi. Kami memastikan semuanya sudah siap untuk dikunjungi oleh bapak Presiden,” ujarnya.

Menyambut kedatangan mantan Walikota Solo itu, pihaknya bekerjasama dengan TNI-Polri untuk segala proses pengamanan.

“Kami sudah koordinasi dengan TNI-Polri untuk pengamanan. Insyaallah personel bakal melakukan penjagaan ketat di seluruh lokasi yang akan dikunjungi,” tambahnya.

Pemkot Makassar