Diskominfo-SP Luwu Utara Gelar Rakor PPID dan SP4N LAPOR!, 150 Peserta Hadir

Dukcapil Makassar

Online24, Makassar – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Luwu Utara menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) PPID Pelaksana dan Pengelola SP4N-LAPOR!, Senin (10/4/2023), di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara.

150 peserta yang terdiri para Kepala Perangkat Daerah (PD), PPID Pelaksana Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan Desa, serta para Admin Pengelola SP4N-LAPOR! hadir dalam rakor yang dibuka secara langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Membludaknya peserta rakor menggambarkan bahwa PPID dan SP4N-LAPOR! saat ini menjadi dua instrumen yang sangat penting dalam mewujudkan kualitas pelayanan publik, serta mewujudkan transparansi melalui pengelolaan pemerintahan yang baik dan bersih.

Dalam sambutannya, Bupati Indah Putri Indriani berulang kali menyebut kata “kepedulian”. Kepedulian di sini dimaksudkan agar PPID Pelaksana dan Pengelola SP4N-LAPOR! selalu menghadirkan kepedulian dalam rangka untuk mewujudkan pemerintahan yang baik.

“Kita berharap, melalui Rakor PPID Pelaksana dan Pengelola SP4N-LAPOR! ini, pertama yang harus kita hadirkan adalah kepedulian. Kita mau semua bergerak sama kencang, tidak boleh ada yang ketinggalan. Posisinya semua harus sama,” jelas Bupati Indah Putri Indriani.

Dikatakan Indah bahwa semua pengelola, baik PPID maupun SP4N-LAPOR!, adalah orang-orang pilihan yang paham bagaimana mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih. “Saya harap PPID ini kita optimalkan, yang paling penting adalah kepedulian kita,” imbuhnya.

Sementara terkait SP4N-LAPOR!, orang nomor satu di Luwu Utara ini berharap agar sosialisasi SP4N-LAPOR! lebih dimasifkan lagi. “Kita harap SP4N-LAPOR! ini disosialisasikan secara masif agar masyarakat menjadikan SP4N-LAPOR! sebagai kanal aduan utama,” harapnya.

Tak hanya itu, ia meminta pengelola dan penanggung jawab SP4N-LAPOR! segera merespon setiap aduan yang masuk ke aplikasi SP4N-LAPOR!. “Kepada pengelola dan penanggung jawab SP4N-LAPOR! segera respon dengan cepat. Tindak lanjutnya ini penting,” tegasnya.

“Ayo semangat, karena yang paling penting itu adalah semangat kita dalam merespon. Coba bayangkan betapa senangnya masyarakat kalau kita merespon dengan cepat, dan ini membuat kita akan makin semangat untuk bekerja, karena ada motivasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Diskominfo-SP Luwu Utara, Nursalim, menyebutkan bahwa Rakor PPID dan SP4N-LAPOR! dilaksanakan dengan maksud untuk melakukan evaluasi dan persamaan persepsi tentang tugas dan fungsi PPID Pelaksana dan Pengelola SP4N-LAPOR!

“Melalui kegiatan ini, kita ingin meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab PPID Pelaksana dan Pengelola SP4N-LAPOR!, serta membangun koordinasi dan kolaborasi yang efektif, serta menyosialisasikan SP4N-LAPOR! sampai ke desa dan kelurahan,” tandasnya.

Pemkot Makassar