Jelang Idul Fitri, Warga Maros Penuhi Layanan Penukaran Uang Baru

banner 468x60

Online24,Maros,–Sepuluh hari menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Bank Sulselbar Cabang Maros membuka layanan penukaran uang pecahan kecil untuk masyarakat Maros.

Menurut Pemimpin Seksi Layanan PT Bank Sulselbar Cabang Maros, Andi Sukma mengatakan, pelayanan penukaran uang kecil bagi masyarakat ini mulai dibuka sejak tanggal 4 April lalu, dan akan berakhir sampai tanggal 18 april mendatang. Atau selama persediaan masih ada.

Untuk tahun ini kata Sukma, pihak Bank Sulselbar Cabang Maros menyediakan uang kecil sebanyak Rp4,3 miliar. Untuk penukaran uang kecil perhari kata Sukma, Bank Sulselbar hanya melayani Rp310 juta.

“Setiap hari mulai tanggal empat april, bank sulselbar, melayani penukaran uang kecil sampai Rp310 juta perhari. Dan ini akan berlangsung sampai tanggal 18 april mendatang,” jelasnya.

Dia menjelaskan, untuk penukarannya sendiri, Bank Sulselbar membuka layanan mulai dari pukul 09.00 Wita sampai pukul 14.00 wita

“Tapi kami membuka layanan penukaran uang kecil ini, hanya selama persediaan masih ada. Jadi misalnya, uang yang kita siapkan Rp310 juta itu habis sebelum pukul 14.00 maka kami tidak melayani lagi pertukaran uang kecil. Mereka bisa datang esok hari lagi,” ujarnya.

Sukma merinci, dari Rp4,3 miliar, uang kecil yang akan disalurkan ini terbagi atas, Pecahan Rp5.000 dengan total Rp1,5 miliar. Untuk pecahan Rp2.000, senilai Rp1,2 miliar. Pecahan Rp10.000, pihak Bank Sulselbar menyediakan Rp 1 miliar.

“Sedangkan uang pecahan Rp20 ribu, kami menyediakan sekitar Rp 600 juta. Ini jumlahnya sedikit karena, masih jarang yang menukar uang pecahan Rp20.000,” jelasnya.

Sukma menerangkan, dari Rp310 juta pecahan uang kecil ini masih akan dibagikan ke tiga kantor Kas, dan satu kantor Cabang. Untuk pecahan Rp20.000, di kantor Cabang Bank Sulselbar, dilayani hanya Rp 22 juta, sementara untuk kantor kas Rp6 juta. Untuk pecahan Rp10 ribu di kantor Cabang Bank Sulselbar melayani sekitar Rp55 juta, sementara di kantor kas Rp5 juta.

“Pecahan Rp5 ribu, di kantor Cabang Bank Sulselbar disediakan sekitar Rp70 juta, sementara di kantor kas Rp10 juta. Pecahan Rp2.000, di kantor cabang Bank Sulselbar Rp70 juta, dan di kantor kas Rp10 juta,” jelasnya.

Dia menuturkan, penukaran uang kecil ini mulai ramai setelah Pemerintah membayarkan THR. Terlihat ada peningkatan penukaran uang kecil dibandingkan beberapa hari lalu.

“Menurut kami, puncak penukaran uang kecil ini terjadi hari ini. Karena pembayaran THR. Jadi mereka pasti menukar uang kecilnya dari pembayaran THR,” ujarnya.

Andi Sukma mengatakan, untuk penukaran uang kecil ini, pihaknya membatasi jumlah penukarannya. Hal ini bertujuan supaya pembagian uang kecil ini terbagi rata.

“Kami membatasi penukarannya. Supaya merata di semua masyarakat yang ingin menukarkan uang kecilnya. Jadi perorang hanya bisa menukar pecahan Rp 10.000 satu ikat, pecahan Rp5.000 ribu dua ikat, pecahan Rp2.000 tiga ikat atau Rp600 ribu,” jelasnya.

Sementara itu salah satu warga perumahan Regensi yang ditemui di Kantor Bank Sulselbar Cabang Maros, Firda mengatakan, dirinya rela mengantri di bank hanya untuk menukar uang kecil.

Rencananya, uang kecil yang ditukarkan ini akan dibagikan kepada anak-anak yang datang ke rumahnya di hari raya.

“Iya, ini setiap tahun saya mengantri disini untuk menukar uang kecil. Hari ini saya menukar Rp500 ribu untuk pecahan Rp5.000 dan pecahan Rp2.000,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *