Genjot Peningkatan Daya Saing, Pemkab Maros Gelar Road Show UMKM 14 Kecamatan

Dukcapil Makassar

Online24,Maros — Bupati Maros Chaidir Syam secara resmi membuka Road Show Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang digelar Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian Perdagangan (Koperindag) bertempat di Lapangan Pallantikan, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros, Sabtu 3 Juni 2023.

Dalam pembukaan Road Show ini,
sebanyak 14 stand UMKM dari masing-masing kecamatan turut dilibatkan.

Selain itu, ada juga stand binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Maros, stand PT Telkom yang menawarkan aplikasi pembayaran dengan QRIS (Quick Response Indonesian Standard), dan stand pendaftaran sertifikasi halal.

Kepada media Bupati Maros, Chaidir Syam mengatakan, pengembangan UMKM masih menjadi program prioritas. Menurutnya, jika UMKM meningkat, masyarakat pun akan sejahtera.

“Hadir masing-masing UMKM perwakilan tiap kecamatan. Ini merupakan gerakan kita untuk terus menggenjot peningkatan daya saing UMKM Kabupaten Maros,” ungkapnya.

Chaidir menyebut, kegiatan ini bertunjuan mendorong perkembangan produk UMKM di tiap kecamatan. Sekaligus sebagai ajang promosi dan pemasaran.

“Melalui kegiatan ini kita mendorong perkembangan produk UMKM di tiap Kecamatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Towadeng menuturkan, mengingat era teknologi menjadi suatu keharusan untuk memanfaatkan digitalisasi, pihaknya telah mengundang PT Telkom Indonesia untuk turut hadir.

“Sebelumnya kita sudah melakukan kolaborasi dengan PT Telkom, hari ini kita kembali undang. Mereka akan menawarkan beberapa program, salah satunya adalah program Pasar Digital (PADI), juga kemudahan pembayaran dengan Qris,” sebutnya.

Ia juga menginformasikan, bagi UMKM yang memiliki omset dibawah dari Rp500 juta bisa mendaftar untuk mendapatkan sertifikat halal secara gratis.

“Kita juga ada stand pendaftaran sertifikasi halal. UMKM yang belum ada sertifikat halalnya bisa langsung mendaftar lewat stand yang disediakan. Bahkan bisa gratis jika omsetnya tiap bulan dibawah Rp500 juta,” pungkasnya.(*)

Pemkot Makassar