Geopark Half Maraton 2023  Kembali Digelar 2000 Peserta Padati Kawasan Wisata Alam Bantimurung

Dukcapil Makassar

Online24,Maros,- Geopark Half Marathon 2023 resmi digelar di Taman Wisata Alam Air Terjun Bantimurung, di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi selatan, Minggu 25 Juni 2023.

Sebanyak 2000 peserta dari berbagai daerah di Indonesia hadir mengikuti event bergengsi yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Maros menggandeng Komunitas Maros Runners sebagai panitia penyelenggara.

Event Geopark Half Marathon ini diselenggarakan dengan tujuan
sebagai salah satu upaya pemerintah daerah setempat mempromosikan potensi sport-tourism Geopark Maros-Pangkep yang saat ini telah ditetapkan secara resmi sebagai Geopark Global oleh UNESCO.

Bupati Maros Chaidir Syam dan Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari bersama unsur Forkopimda membuka secara resmi event Geopark Half Marathon 2023 ini, dengan memperlombakan 3 kategori yaitu 5K,10K dan 21K.

“Ini event ke empat kami yang ada di Maros, peserta yang terdaftar disini ada sekitar 2000an peserta, di kategori 5K 1000 peserta, kemudian 10K 500 peserta dan 21K juga 500 peserta,” ucapnya.

Chaidir mengatakan beberapa peserta dari luar provinsi begitu antusias mengikuti event ini, selain itu setelah berhasil finish mereka langsung menikmati suasana wisata primadona Air Terjun Bantimurung.

“Alhamdulillah ada beberapa dari luar provinsi yang juga hadir di tempat ini, mereka sangat antusias ikut event yang kami selesanggarakan, beberapa peserta yang berhasil finish lalu mendatangi lokasi air terjun bantimurung untuk berswa foto dan menikmati suasana di tempat ini,”jelasnya.

Lanjut Bupati Maros mengatakan, setelah resmi menyandang status sebagai Kawasan Geopark Maros Pangkep dia berharap event sport tourism ini kedepannya semakin terjaga.

“Mudah-mudahan event sport tourism ini kedepannya semakin kita jaga dengan ditetapkannya kawasan geopark maros panhkep ini sebagai kawasan UNESCO Globall geopark,” tambahnya.

Event Geopark Half Maraton ini cukup berbeda dengan event lari kebanyakan pasalnya rute yang disiapkan menyusuri gugusan pengunungan karst yang ada di Maros.

Hal senanda disampaikan Ketua Panitia Alfi Syahriana mengatakan kegiatan ini bukan hanya sekedar event lari semata, akan tetapi kegiatan ini juga untuk memperkenalkan icon-icon Maros.

Dirinya menyebutkan rute yang disiapkan melewati icon-icon karst yang ada di Kabupaten Maros.

“Jadi kita siapkan rute yang menuju ke icon-icon Maros, seperti Start di Wisata Air terjun Bantimurung, Taman wisata prasejarah Leang-leang, Wisata Karst Rammang-rammang,dan menyusuri beberapa geosite Maros-Pangkep,”jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Dispapora) Kab. Maros Ferdiansyah mengungkapkan melalui kegiatan Sport tourism ini terdapat peningkatan ekonomi warga sekitar.

” Alhamdulilla event ini meningkatkatan jumlah pengunjung melalui sport tourism dan ini juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar lokasi, kita libatkan UMKM sebanyak 30 stand,” ujar Ferdiansyah.

Ferdy menambahkan setelah berlari mencapai garis finish seluruh peserta disediakan makanan gratis oleh penyelenggara.

“Pengunjung disediakan makanan gratis, setelah berlari, selain itu mereka juga bebas menikmati suasana berwisata di wisata air terjun bantimurung,” tambahnya.

Sementara itu salah seorang peserta Muliadi mengaku bahagia dan puas dengan event Geopark Half Marathon 2023 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Maros.

” Ini eventnya bagus banget, suasana alam di tempat ini juga sangat memukau, gak sia-sia berkunjung ke wisata bantimurung Maros, kita dapat sehatnya dapat juga kebahagiaan dengan refreshing disini,” ungkap peserta asal Sulbar.(*)

Pemkot Makassar