Jualan Bendera Sebagai Bentuk Patriotisme dan Nasionalisme, Kartini Mappa; Tolong Jangan Gusur Kami

Bisnis, Regional95 Views
banner 468x60

Online24jam, Makassar, – Jelang Perayaan Hari Kemerdekaan RI, pedagang bendera musiman mulai ramai digelar di beberapa jalan. Salah satunya adalah Kartini Mappa Pedagang sekaligus distributor bendera.

Menurutnya, biasanya pada akhir bulan Juli, sudah mulai ramai pemesanan bendera-bendera hasil karya tangannya. Yang juga dijual dibeberapa daerah tidak hanya di Makassar. Ia menuturkan bahwa berjualan bendera itu juga merupakan bentuk patriotisme dan nasionalismenya pada negara.

“Jualan bendera-bendera itu kan sama saja bahwa kami ini cinta Indonesia. Inilah bentuk patriotisme kami dan rasa nasionalisme kami.” Ujar warga Kerung-Kerung ini.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sejak lama ia sudah berjualan bendera. dimulai sejak Gadis dan masih duduk dibangku sekolah.

“Kurang lebih sudah 20 tahun kami berjualan. Sejak saya masih sekolah. Dan penjualan kami itu bukan hanya di Makassar. Tapi ada juga dibeberapa daerah. ” Terangnya.

Adapun harga yang ditawarkan relatif murah. Dan tentunya bergantung ukuran dan modelnya. Ia mengatakan mulai dari harga 15 ribu hingga 300 ribu.

Ia juga menambahkan bahwa keuntungan yang diperoleh juga tidak seberapa. Olehnya itu ia pun berharap penjualan ini bisa terus berjalan tanpa ada kendala atau gangguan sebagai rasa cinta terhadap tanah air.

“Keuntungan yang kami peroleh tidak seberapa ji pak. Karena ini lebih pada kecintaan kami pada tanah air. Jadi kalau bisa tolong jangan mi ada penertiban-pejertiban atau penggusuran kepada kami. Apa tommi paeng satu kali ji dalam satu tahun kamase.” Tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *