Sambut 10 Muharram Warga di Maros Borong Peralatan Rumah Tangga

Nasional, News35 Views
banner 468x60

Online24,Maros,– Sambut 10 Muharram 1445 Hijriah sejumlah emak-emak di Kabupaten Maros, Sulawesi selatan, berbondong-bondong memenuhi toko barang pecah belah di pasar untuk membeli peralatan rumah tangga.

Salah satunya yang terlihat di Pasar Tradisonal modern (Tramo) Butta salewangan, di Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros, Sulawesi selatan,Kamis,(27/07/23).

Salah seorang pembeli Hj. Jaeni mengatakan sudah menjadi tradisi setiap tahun saat peringatan 10 Muharram warga membeli peralatan rumah tangga.

“Menjelang peringatan 10 Muharram, kita selalu membeli peralatan rumah tangga seperti baskom plastik untuk wadah bubur asyurah nantinya, hari ini beli belasan untuj dibagi-bagi nantinya,” jelasnya.

Selain baskom plastik berbagai ukuran warga juga membeli peralatan rumah tangga lainnya seperti, panci, gayung, wajan hingga gelas.

“Bukan hanya baskom, rencana juga mau beli timba, gelas,wajan, dan panci, semua ada maknanya,” terangnya.

Warga menyebut pembelian peralatan rumah tangga dalam menyambut 10 Muharram memiliki makna tersendiri bagi masyarakat suku bugis makassar.

“Jadi setiap tahun saat memasuki 10 muharram kita memenuhi pasar khusus untuk berbelanja peralatan rumah tangga, hal ini dimaknai untuk meraup rejeki yang lebih banyak,”ujar salah seorang pembeli Hj. Jaeni.

Sementara itu para pedagang pecah belah mengaku mengalami peningkatan omset hingga 70 persen semenjak awal Muharram hingga sekarang ini.

” Alhamdulillah hampir setiap hari ramai, mungkin karena momennya, banyak warga datang beli peralatan rumah tangga utamanya baskom baskom kecil untuk bubur asyura, omset perhari mencapai 70 persenlah,” terang Pedagang Hj. Lolo

Beberapa peralatan rumah tangga yang laku keras seperti baskom, panci, gayung (timba), gelas hingga wajan, dengan kisaran harga mulai dari 10 ribu hingga 150 ribu rupiah tergantung ukuran dan kwalitas barang.

“Barang yang kita jual mulai dari harga 10 ribu sampai 150 ribu, dan hampir rata-rata habis setiap harinya, utamanya baskom plastik,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *