Dukcapil Makassar Himbau Warga Buat Akta Kelahiran, Ini Manfaatnya

Regional80 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Masih banyak masyarakat yang minim kesadaran tentang pentingnya akta kelahiran. Anak yang tidak punya akta kelahiran kurang terlindungi keberadaannya, masa depannya, dan sulit mengakses pelayanan publik. Anak pun jadi rentan tindakan kriminal, diantaranya perdagangan orang dan juga perkawinan di bawah umur.

Hal ini juga disampaikan oleh Muhammad Ahdhar Saleh selaku Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Makassar.

Ahdhar dalam video yang diunggah melalu media sosial instagram milik dukcapil makassar menjelaskan bahwa selain sebagai identitas anak dan pelindung anak dari tindakan kriminal, akta kelahiran punya segudang manfaat lainnya seperti, syarat pengurusan administrasi kependudukan, pendaftaran masuk sekolah, serta mendapat tunjangan sosial.

“Akta Kelahiran merupakan bentuk perlindungan dan pengakuan negara terhadap status hukum anak tentang identitas nama, tempat dan tanggal lahir, orang tuanya, serta kewarganegaraannya.” ucap Ahdhar

Atas dasar hal tersebut, dukcapil makassar menghimbau kepada masyarakat yang belum mengurus penerbitan Akta kelahiran untuk segera mengajukan permohonan di dukcapil setempat.

Khusus bagi masyarakat kota makassar, permohonan penerbitan akta kelahiran diajukan secara online melalu website : www.dukcapil.makassarkota.go.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *