Bupati Luwu Utara Pimpin Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun

Dukcapil Makassar

Online24, Makassar – Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTSP) 2023 resmi dimulai di Kabupaten Luwu Utara. Kampanye ini akan berlangsung hingga 21 hari ke depan.

Hal ini bertepatan dengan Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia yang dibuka langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Rabu (25/10).

Hadir Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Utusan Yayasan Save The Children Amerika Serikat, Solome bersama jajaran Save The Children wilayah Luwu Utara, Kepala UPT 45 Sekolah dampingan Program Healthier Smile, dan stakeholder terkait.

“Momen ini menjadi penting untuk memperkuat komitmen Pemerintah Indonesia dan kolaborasi dari pelbagai pihak dalam mendukung target CTPS. Di mana CTPS merupakan salah safu fokus utama dari Program Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan telah terintegrasi pada program GERMAS dan UKS,” kata Indah.

Pada kegiatan yang dipusatkan di SDN 097 Katokkoan tersebut, Indah menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Save The Children    dan Celosia Marannu Indonesia.

“Atas nama Pemda, kami mengapresiasi program Healthier Smile yang telah menggagas beberapa kegiatan positif untuk menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada anak melalui CTPS. Kegiatan ini selaras dengan visi Luwu Utara Maju, Mandiri, dan Harmonis,” tutur bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Melalui kegiatan kampanye tersebut, Indah berharap seluruh pemangku kepentingan dapat memahami pentingnya sinergi dengan mitra pembangunan, sebab pemerintah tidak bisa bekerja sendiri.

“Yang tidak kalah penting bukan hanya memperlihatkan kolaborasinya tapi hasilnya dapat dilihat dari karakter dan semakin sadarnya peserta didik tentang pentingnya cuci tangan dan sikat gigi,” jelas isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini.

Diketahui pada kegiatan yang juga dihadiri  diserahkan secara simbolis sabun cuci tangan kepada Kepala UPT SDN 097 Katokkoan sekaligus penyerahan piagam penghargaan lomba video CTSP. Di mana juara 1 diraih SDN 097 Katokkoan, Juara II SDN Marannu, dan Juara II SD Tarue. (Rn)

Pemkot Makassar