Danny – Fatma “Angkat” Makassar Berkat Suksesnya Event Nasional dan Internasional

Regional24 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi berhasil membawa kota Makassar menjadi sorotan berkat suksesnya event nasional dan internasional di Makassar. Meskipun baru menjabat selama 2 tahun 8 bulan, Danny-Fatma telah menunjukkan dedikasinya untuk meningkatkan reputasi Makassar di mata dunia.

Sorotan utama dari event nasional yang berhasil digelar Pemkot Makassar di bawah kepemimpinan Danny-Fatma yakni Rakernas Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) digelar pada 10-14 Juli 2023 dengan berhasil menghadirkan 85 wali kota se-Indonesia dan 3 capres yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Rakernas Apeksi di Makassar berlangsung dengan beragam rangkaian kegiatan yang menjadi wadah kota se-Indonesia memperkenalkan beragam budaya dan membangun hubungan fungsional antar kota seperti melalui kegiatan International Culinary Expo (ICE), Ladies Program, Karnaval Budaya dan Youth Creative Competition (YCC),

Bahkan Danny-Fatma membuat terobosan rangkaian acara terbaru dan inovatif yang tidak pernah dilakukan tuan rumah APEKSI sebelumnya seperti penanaman ratusan pohon Tabebuya, Fun Bike, City Tour Lorong Wisata, dan Makassar International Forum (MIF) sebagai penutup event Rakernas APEKSI 2023.

Kehadiran Apeksi di Makassar telah memberikan dampak positif pada ekonomi lokal. Diperkirakan perputaran ekonomi mencapai 50 miliar dengan lebih dari 5 ribu peserta dari 85 kota di seluruh Indonesia.

“Pertama apresiasi kepada Pak Danny tentunya, saya tahu betul bagaimana Pak Danny bekerja keras memastikan kesiapan pelaksanaan Rakernas kali ini agar berjalan sesuai yang kita harapkan bersama,” apresiasi Ketua Apeksi, Bima Arya Sugiarto.

Selain itu, Makassar juga berhasil menjadi tuan rumah pertama Indonesia GPR Award (IGA) pada 16 Juni 2023 yang di mana event tersebut juga memberikan penghargaan kepada Danny Pomanto sebagai Wali Kota terpopuler.

Event nasional lainnya yang telah sukses digelar di bawah kepemimpinan Danny-Fatma termasuk acara peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-27 pada 29 April 2023 dan Pertemuan Nasional Asosiasi Dinas Kesehatan se-Indonesia pada 1 Agustus 2023.

Tak hanya membawa nama Makassar dalam skala nasional, Danny-Fatma juga berhasil membawa Makassar ke panggung internasional, terutama melalui event tahunan yang diinisiasi oleh Danny Pomanto sejak tahun 2016, yaitu International Eight Festival & Forum, atau yang lebih dikenal sebagai F8.

F8 Makassar tahun 2023 menjadi sorotan dengan banyak ide kolaborasi yang telah mengubahnya menjadi agenda multi festival yang beragam. Danny menyebut F8 Makassar sebagai contoh nyata ide lokal yang berhasil mencapai dimensi global.

“F8 Makassar hari ini bukan hanya agenda rutin pariwisata. F8 bukan lah hanya sebuah pagelaran tapi F8 adalah ide lokal yang sudah mengglobal. Dimana F8 adalah 70 persen anak muda semuanya yang meramu suksesnya kegiatan ini. Mulai UMKM paling kecil hingga perusahaan swasta besar ada di F8 Makassar,” ucap Danny saat Opening Ceremony F8 Makassar 2023, di Anjungan City Of Makassar, Rabu (23/8/2023).

Prestasi F8 Makassar di tahun 2023 semakin mencolok dengan peningkatan kontribusi negara-negara lain yang ikut terlibat. Sebelumnya hanya 9 negara, kini ada 16 negara yang turut berpartisipasi dalam F8 Makassar 2023. Diantaranya adalah Kedutaan Besar Jepang, Konjen Australia, Kedutaan Besar India, Amerika, Perancis, Malaysia, South Korea, Inggris, Belgia, Rusia, New Zealand, Portugal, Laos, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Thailand.

“Itu artinya ide lokal yang dicanangkan di Makassar dapat dinikmati secara internasional,” kata Danny pada sela-sela acara Closing Ceremony, di Anjungan Pantai Losari, Minggu, (27/08/2023).

Keberhasilan ini juga menjadi bukti kuat atas hubungan bilateral yang baik yang telah dibangun oleh Danny-Fatma selama masa jabatannya. Berkat kerja keras dan dedikasi mereka, Makassar dipercaya menjadi tuan rumah sejumlah event berskala internasional, termasuk Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) pada 4-8 Juni 2023 yang melibatkan 36 negara, ASEAN Architect Congress pada 27 Juli 2023, dan International Men and Women Softball Tournament yang diikuti oleh tujuh negara dan digelar mulai 17-24 September 2023.

Menjadi tuan rumah penyelenggaraan event nasional dan internasional, Danny Pomanto tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu. Ia pun memamerkan keunggulan yang dimiliki Makassar.

Di setiap kesempatan bertemu tamu dari luar maupun dalam negeri, Danny selalu mengajak mereka untuk menikmati keindahan sunset Kota Makassar yang merupakan salah satu view sunset terbaik di dunia.

Selain itu, Danny-Fatma gencar mempromosikan slogan ‘Makassar Kota Makan Enak,’ dengan mengajak para tamu untuk menikmati kuliner kota Makassar yang kaya rasa dan tradisi.

Dengan pencapaian ini, Danny Pomanto dan Fatmawati Rusdi terus membawa nama Makassar menjadi pusat perhatian baik di tingkat nasional maupun internasional, menunjukkan bahwa ide lokal yang kuat dan semangat kerja keras mampu membawa prestasi hingga ke tingkat dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *