Dorong UMKM Go Export, Bea Cukai Makassar Siapkan Platfom Export Asisten

Regional61 Views
banner 468x60

Online24jam, Makassar, – 17 Januari 2024, Dalam rangka menyambut Hari Pabean Internasional yang jatuh pada tanggal 28 Januari 2024 nanyi. Bea Cukai Makassar menyelenggarakan Coffee Morning bersama sejumlah wartawan di kantor Bea Cukai Makassar.

Dalam kegiatan tersebut, Plt Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Zaeni Rokhman menyampaikan bahwa pihaknya kini ikut membantu pengembangan UMKM. Dikatakan, Tujuannya adalah untuk pemulihan perekonomian nasional.

“Jadi Bea Cukai sekarang tidak sekedar mengurusi kepabeanan semata. Kami juga membantu kegiatan UMKM agar bisa Go Export. Karena kita tau bahwa UMKM itu dalam kondisi apapun baik krisis moneter dan sebagainya menjadi elemen yg tangguh.” Ujarnya.

Terkait bantuan tersebut, Zaeni mengatakan pihaknya menjembatani pelaku usaha dan pihak lain yang bisa memberikan kemudahan. “Kami tidak memberikan bantuan dana dan pelatihan seperti instansi lain. Melainkan kami menjadi media penyambung kepada pihak lain yang memiliki tupoksi dan kemampuan untuk memberikan permodalan.” Terangnya.

Terkait dengan itu, Bea Cukai Makassar telah menyediakan Media penyambung yakni Platfom yang disebut Ekspor Asisten. Platfom ini adalah tempat dimana semua bisa berbagi di dalamnya.

“Kita ada namanya aplikasi Ekspor Asisten. Didalamnya semua anggota bisa saling berbagi informasi dan saling berbagi tips. Termasuk teman-teman media jika ingin usaha ekspor. Jadi dalam ekspor asisten ini pengusaha sukses pun akan berbagi dan memotivasi anggota lain untuk menuju Go Internasional.” Jelasnya.

“Selain itu, kita akan bisnis matching kan dengan yang lain seperti Bank Indonesia, BRI dan Bank Sulselbar dan beberapa bank lain yang memiliki KUR. Jadi setidaknya mereka terbantukan kepada siapa dana itu akan dikucurkan karena kami sudah verifikasi yang layak mendapatkan. Begitu juga dengan adanya pelatihan dari dinas-dinas terkait itu juga akan kami teruskan kepada anggota.” Pungkasnya.

Terkait bantuan itu, berikut kegiatan Bea Cukai selama priode tahun 2023. Februari, 15 Februari 2023, mendorong UMKM Go Export. Bea Cukai Makassar bersama Mandiri Exporthouse kembali memprogramkan kegiatan Cerita Ekspor “New Chapter 2023” dengan melibatkan seluruh instansi dan badan usaha yang terlibat dalam mata rantai ekspor.

Bea Cukai Makassar juga melaksanakan seremonial pelepasan ekspor perdana produk the Nipah sebanyak 7,05 ton dengan nilai USD 49.000 ke Korea Selatan oleh CV. Coconut International Indonesia.

Sementara di bulan Maret, menggelar kegiatan Bazar UMKM Kemenkeu Satu Sulawesi-Selatan, sebagai bentuk Kolaborasi Kemenkeu Satu terus dukung pengembangan UMKM di daerah.

Tidak hanya itu, melepas keberangkatan UMKM Binaan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin untuk menjadi peserta Supermarket Expo Cairo 2023 di Mesir. Serta sejumlah kegiatan lainnya hingga akhir Desember 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *