Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo Memperkuat Koneksi Sejarah Lewat Ziarah Makam Raja Gowa-Tallo

Regional26 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo, mengukuhkan ikatan sejarah dengan melakukan ziarah ke makam-makam Raja Gowa di Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa pada Kamis (25/1/2024). Kegiatan ini menjadi simbol kuat kepemimpinan dan sejarah Tanah Makassar.

Rudianto Lallo, yang juga mencalonkan diri sebagai legislator DPR RI daerah pemilihan Sulawesi Selatan I, merinci ziarahnya ke beberapa makam, termasuk makam I Mannungtungi Daeng Mattola Karaeng Ujung Sultan Malikussaid, raja Gowa ke-15.

Proses ziarah juga melibatkan makam Raja Gowa ke-16, I Mallombasi Daeng Mattawang Muhammad Baqir karaeng Bontomangape Sultan Hasanuddin, serta makam I Mangngarangi Daeng Manrabbia, Karaeng Lakiung Sultan Alauddin, dan makam I Mallingkai Daeng Manyonri Karaeng Katangka bergelar Sultan Abdullah Awallul Islam.

Ia menekankan pentingnya menghargai perjuangan dan kontribusi besar mereka terhadap agama dan bangsa.

Ziarah ini turut didampingi oleh Karaeng Gajang, sesepuh adat di Sulawesi Selatan, menegaskan penghargaan terhadap nilai-nilai sejarah dan kepemimpinan yang tercermin dalam makam-makam tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *