Aksi Tanam Pohon di Kaki Bawakaraeng Wanapala Chetengan Siapkan 1300 Bibit Pohon

Dukcapil Makassar

Online24jam, Gowa, – Kelompok Pecinta Alam (KPA) Wanapala Chetengan kembali menggelar kegiatan Aksi tanam pohon. Dengan mengangkat tema “Jagai Lino Silollong Bonena” yang artinya Mari menjaga Bumi Kita beserta isinya. Kegiatan ini di gelar di Kaki Bawakaraeng, kabupaten Gowa, pada tanggal 24-25 Februari 2024.

Ketua Wanapala Chetengan, Abu Bakar mengatakan Kegiatan ini merupakan yang ke sepuluh kalinya dilaksanakan dan sudah menjadi agenda tahunan.
“Ini adalah agenda tahunan kami. Dan Alhamdulillah sudah memasuki tahun ke sepuluh.” Ujarnya.

Lebih lanjut disebutkan bahw kegiatan ini digagas dari keprihatinan para pecinta alam dimana disebutkan bahwa hutan di Makassar khususnya wilayah Sulsel sekarang ini mulai tandus.

“Jadi ini berawal dari keprihatinan kami para pecinta alam. Dimana melihat keberadaan hutan kita di Sulsel sudah mulai tandus. Sehingga kami menggagas kegiatan ini dan melibatkan beberapa organisasi dan simpatisan.” Terangnya.

Untuk tahun ini sedikitnya 1300 bibit pohon yang ditanam di lokasi kaki Gunung Bawakaraeng. Diantaranya adalah pohon Asam Jawa, Ketapang, Bayam Jawa dan Suren.
“Tahun ini kami menanam 1300 bibit terdiri dari asam jawa, ketapang, bayam jawa, dan Suren. Alhamdulillah kalau kita lihat apa yang selama di ni kami laksanakan ada perkembangan dan tumbuh tinggi.” Ujarnya.

Untuk itu diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat maupun kelompok pecinta alam dapat menjaga kelestarian alam. “kami mengharap semua masyarakat maupun teman-teman pecinta Alam untuk melakukan penghijauan ini agar hutan kembali hijau dan tidak menjadi lahan pertanian lagi.” Pungkasnya.

Pemkot Makassar