UNITAMA Resmi Mengumumkan Rektor Baru

Dukcapil Makassar

Online24jam, Makassar, – Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA), resmi mengumumkan Rektor baru pada hari sabtu/24/02/2024. Setelah melalui proses sesuai STATUTA UNITAMA, Asnimar dilantik sebagai Rektor yang baru meneruskan kepemimpinan Muhammad Arafah sebagai Rektor Pengganti Antar Waktu (PAW) 2024-2027. Diharapkan dengan kepemimpinan baru ini, Universitas Teknologi Akba Makassar dapat terus berkembang dan meraih prestasi yang lebih baik di masa depan.

Ruang aula UNITAMA menjadi saksi bersejarah penataan kelembagaan yang komprehensif dan progresif. Keputusan untuk menata manajemen kampus agar lebih progresif lagi adalah sebuah keniscayaan. Hal ini dimulai ketika rapat akhir tahun 2023 pengurus Yayasan Pendidikan Kartini Ujung Pandang menyimpulkan pentingnya penataan kelembagaan dan percepatan program kerja strategis seperti persiapan pembukaan pascasarjana. Temuan inilah yang ditindaklanjuti menjadi program kerja penting Yayasan Pendidikan Kartini Ujung Pandang pada 2024-2026.

Terdapat 2 hal penting menjadi perhatian yayasan diantaranya, (1) percepatan penyelesaian studi bagi dosen yang menempuh S3 dengan beasiswa yayasan, (2) penataan kelembagaan berkaitan dengan karir dosen dan tenaga kependidikan sehubungan dengan keluarnya beberapa dosen selama tahun 2023.

Ketua BPH Firman menerangkan bahwa komunikasi intensif dengan berbagai pemangku kepentingan sudah dilakukan, termasuk melibatkan pegawai di lingkup kampus. Upaya ini sudah mulai dibahas sejak akhir tahun 2023 dan puncaknya pada senin (26/02) saat pelantikan pejabat manajemen UNITAMA.

Rektor sebelumnya yaitu Muhammad Arafah pada tanggal 23 februari 2024 menyatakan mendukung upaya penataan kelembagaan yang komprehensif. Maka dengan berbagai pertimbangan beliau mengundurkan diri sebagai Rektor dengan alasan tidak bisa melaksanakan instruksi penataan kelembagaan Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA). Beliau juga berpesan bahwa program ini harus terus berjalan apapun tantangannya.

Senin (26/02/2024) Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan Akbar Iskandar setelah dilantik langsung bertemu dengan Presiden BEM UNITAMA (Abdullah Zaki) untuk memberikan penjelasan terkait dilantiknya Rektor baru agar informasi yang diperolah tidak bias. Pertemuan dengan Abdullah Zaki dilakukan di Aula bersama Rektor terpilih dihadiri pula oleh BPH, WR.1, WR.2, Ketua Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dan Ketua Prodi Teknologi Informasi. Abdullah Zaki yang ikut dalam diskusi tersebut menyampaikan harapannya agar hak-hak mahasiswa seperti dukungan anggaran dan hambatan birokrasi dapat terus diperbaiki. Hal ini tentu sesuai dengan semangat penataan kelembagaan yang sedang berjalan. Memang hal tersebut adalah keniscayaan yang terus diupayakan oleh semua pihak agar Lembaga Kemahasiswaan semakin berkembang.

Ibu Rektor UNITAMA terpilih Asnimar dalam keterangannya menyebutkan bahwa kepemimpinan ini diteruskan sebagai upaya menjaga solidaritas dan mengisi kekosongan yang terjadi setelah Rektor sebelumnya mengundurkan diri. Harapannya agar kedepan semua pihak bisa berkolaborasi dan berkontribusi maksimal untuk UNITAMA yang lebih baik. Tujuan-tujun yang diharapkan adalah perbaikan dan peningkatan kampus secara komprehensif sehingga tidak ada alasan bagi siapapun untuk lebih mengedepankan tujuan kampus menjadi lebih baik. Hal terpenting juga adalah memastikan transformasi universitas berjalan sesuai dengan Visi dan Misi kampus, tambahnya.

Pemkot Makassar