Pemkot Makassar Siapkan Akses Jalan Menuju Stadion Sudiang

Regional18 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Pemkot Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), merencanakan akses jalan untuk stadion di GOR Sudiang akan terhubung dengan jalur lingkar kawasan Mamminasata. Rencana ini disiapkan untuk mengurai kemacetan di ruas-ruas jalan di Kota Makassar.
“Sekarang, antara jalanan di stadion dan jalan lingkar Mamminasata ini yang pak wali rencanakan untuk membangun jalanan tersebut. Supaya terhubung, terkoneksi dengan jalan lingkar Mamminasata,” ujar Kepala Bappeda Makassar Zulkifli Nanda, Jumat (01 Maret 2024).

Zulkifli mengatakan pengunjung dari luar Kota Makassar tak perlu lagi repot-repot masuk ke Kota Makassar untuk menuju lokasi stadion. Sebab, dengan jalur yang terkoneksi, pengunjung dapat menuju langsung ke lokasi stadion tersebut.

“Jadi nanti stadion yang dibangun dengan kapasitas yang besar, itu masyarakat tidak perlu lagi melalui satu jalur ke Jalan Perintis. Tapi dia bisa pecah ke jalur lingkar Mamminasata,” ungkapnya.

Dia menyebut Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto meminta agar pihaknya menyiapkan konsep akses jalan stadion yang terkoneksi dengan jalur lingkar Mamminasata ini. Termasuk analisa beberapa hal teknis lainnya.

“Kira-kira bagaimana dukungan stadion itu terkait jalanan. Termasuk juga kita tinjau dari sisi tata ruangnya, kemudian analisa dampak lingkungannya, analisa jalur lintasnya. Itu yang harus kita lengkapi semua,” bebernya.

Zulkifli menambahkan pihaknya akan bergerak cepat merealisasikan ide Danny Pomanto. Namun dia belum bisa menjelaskan terkait detail engineering desaign (DED) akses jalan tersebut.

“Sebenarnya belum, karena ini kan baru. Yang jelas perintah pak wali ini dipercepat,” imbuh Zulkifli.

Sementara Wali Kota Makassar Danny Pomanto juga menyiapkan opsi akses jalan layang (elevated) dari jalan tol menuju stadion di GOR Sudiang. Danny berharap jika akses jalan layang itu dapat dibiayai oleh APBN.

“Pemerintah kota akan segera siapkan anggaran untuk jalan keliling dan pemprov mempersiapkan tanahnya. Dan jalannya itu, jalan dia masuk kawasan di situ, keluarnya pakai elevated. Elevated-nya langsung sambung dengan jalan tol. Jadi orang dari jalan tol bisa masuk ke Stadion Sudiang,” ujar Danny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *