Dukcapil Makassar Raih Penghargaan Dokumen Perencanaan Terbaik 2024

Dukcapil Makassar

Online24, Makassar – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Makassar meraih Penghargaan Terbaik kedua dalam kategori Dokumen Perencanaan 2024 yang diberikan langsung oleh Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota Makassar yang dilaksanakan di Hotel Claro (06/03/2024)

Kepala Dinas Dukcapil Makassar, Muh. Hatim menjelaskan bahwa kompetisi dokumen perencanaan ini merupakan inisiasi dari Bappeda Makassar yang dimana setiap tahun memang diwajibkan bagi seluruh OPD untuk membuat dokumen perencanaan sebagai acuan kerja, “dari seluruh OPD terseleksi 11 Dokumen, kemudian kami diminta untuk presentasi kemarin dan akhirnya terpilih jadi 3 Dokumen Perencaan terbaik”. ungkap Hatim

Dokumen Perencanaan ini sendiri kata Hatim berisi rencana kerja jangka pendek dan jangka panjang yang akan dilaksanakan selama 1 tahun, “khusus dukcapil makassar kami lebih dominan ke pelayanan, seperti upaya jemput bola, pelayanan terhadap masyarakat usia rentan dan disabilitas serta penerapan layanan online berbasis website bagi masyarakat.” tambahnya

Ada tiga OPD yang mendapat peringkat teratas dalam penyusunan perencanaan terbaik 2024 yakni Dinas Pariwisata dengan nilai 103,92 disusul Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) 103,02 dan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Makassar (Balitbangda) 102,44.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, musrenbang kota adalah sebuah ritual pemerintahan untuk menjaring semua pendapat, semua suara, semua usulan, semua ide baik itu lewat jalur musrenbang, kelurahan dan kecamatan maupun lewat teman teman di DPRD Kota Makassar.

“Dari semua pendapat itu kemudian kita godok dalam musrenbang 2024 ini. Terkhusus tahun ini banyak perencanaan untuk tahun depan,” ujarnya dalam sambutan.

Kata Danny, tahun ini adalah tahun spesial. Di mana, tahun ini adalah tahun pemilu dan sudah berakhir dengan aman tertib dan damai. Kedepan, kita akan kembali dihadapkan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024.

Pemkot Makassar