Musrenbang RKPD Kota Makassar Tahun 2025 Digelar, Ribuan Usulan Didominasi Infrastruktur

Regional2 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Makassar Tahun 2025 yang berlangsung di Hotel Claro Makassar, (06/03/2024)

Musrenbang kali ini mengangkat tema “Percepatan Pembangunan yang Inklusif dan Berkelanjutan”, yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Makassar, Camat, Lurah hingga Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Kepala Bappeda Makassar, Andi Zulkifly, S.STP., M.Si mengatakan musrenbang RKPD ini merupakan tindak lanjut dari musrenbang yang dilakukan sebelumnya pada tingkat kelurahan dan kecamatan. Lalu, dilanjutkan dengan menggelar Forum lintas OPD dilingkup Pemkot Makassar untuk melihat hasil musrenbang disetiap OPD.

Ia menyebut usulan yang dimasukkan dalam Musrenbang RKPD Kota Makassar ini sekitar 4 ribu usulan yang didominasi oleh dibidang infrastruktur.

“Hari ini kita rangkum semua usulan itu, dari musrenbang tingkat kecamatan termasuk dengan pokok-pokok pikiran dari anggota DPRD Kota Makassar. Usulan-usulan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPD),” ungkap Zulkifli Nanda.

Dalam proses seleksi tersebut, Bappeda Makassar mempertimbangkan program-program yang sudah dijalankan, serta hasil reses dan rapat dengar pendapat yang telah dilakukan oleh anggota DPRD Kota Makassar.

Sebagai tahap akhir, setelah proses seleksi, Zulkifli mengatakan usulan-usulan tersebut akan disusun ulang dan diinput ke dalam SIPD, sebagai langkah terakhir sebelum implementasi program-program pembangunan di Kota Makassar.

“Tetapi sebelum diinput, kita masukkan dulu ke dalam SIPD apakah programnya ini bisa dilaksanakan ataukah tidak dilaksanakan. Apakah sudah dijalankan, itu kita seleksi,” terang Zulkifli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *