Pembangunan Jalan di Sekitar GOR Stadion Sudiang jadi Prioritas Pemkot Makassar

News33 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Andi Zulkifli Nanda, mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini sedang mengusulkan program kegiatan dalam Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPD) terkait Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun depan, termasuk anggaran perubahan yang direncanakan.

Menurut Andi Zulkifli, fokus utama dari anggaran perubahan tersebut adalah pembangunan jalan-jalan pendukung di sekitar GOR Stadion Sudiang.

Untuk itu, ia meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar untuk segera menyampaikan lokasi dan panjang jalan yang direncanakan agar Bappeda dapat melakukan studi kelayakan terkait kebutuhan dan rincian yang akan dimasukkan ke dalam SIPD.

“Kita meminta studi kelayakan dan analisis kebutuhan. Tidak boleh menetapkan anggaran tanpa melakukan analisis kebutuhan. Mereka sudah melakukan survei, namun informasinya masih memerlukan waktu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Andi Zulkifli menjelaskan bahwa anggaran tersebut akan digunakan untuk melakukan perbaikan, peningkatan, dan potensial penambahan akses jalan. Namun, penentuan tindakan tersebut masih akan dikaji lebih lanjut sebelum dimasukkan ke dalam SIPD.

“Target kami adalah jalan dalam anggaran perubahan nanti. Oleh karena itu, minggu ini semuanya harus selesai,” harapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menyatakan bahwa Pemerintah Kota Makassar bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan siap untuk melakukan perawatan (maintenance) jika GOR Stadion Sudiang dibangun dengan kapasitas 50.000 penonton.

Hal ini juga akan dimasukkan dalam anggaran perubahan hingga mencapai Rp300 miliar.

“Dalam kunjungan Komisi V, saya menyatakan bahwa kami siap untuk melakukan perawatan. Jika diminta oleh kota dan provinsi, kami akan melakukannya,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *